Hi! Sahabat Virtues, Saat kuliah merupakan waktu yang tepat untuk mengeksplorasi banyak hal. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membaca buku. Dengan membaca, akan membuka wawasan mahasiswa dan menambah kekayaan wacana tiap individu.

Sahabat masih bingung harus membaca buku apa? Ada banyak sekali buku populer di dunia yang dapat memberikan gagasan dan wawasan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini adalah deretan buku yang wajib dibaca oleh mahasiswa, dikutip dari laman STIE YAI.

What I Wish I Knew When I Was 20 – Tina Seelig
Buku What I Wish I Knew When I Was 20 berisikan tentang harapan penulis yang ia harap ia ketahui ketika akan berkuliah. Sebagai gantinya ia menuliskan harapan-harapan untuk putranya yang akan kuliah.

Buku ini memiliki banyak pesan dan nasihat seperti bagaimana menjadi lebih kreatif, menciptakan keberuntungan, nasihat untuk hidup dengan baik lainnya.

How to Become a Straight- A Student – Cal Newport
Bagi kalian yang bingung bagaimana kehidupan berkuliah, buku How to Become a Straight- A Student bisa menjadi tuntunan kalian. Kalian akan mempelajari tentang strategi agar kehidupan sebagai mahasiswa lebih terstruktur namun tetap menyenangkan untuk dijalani.

Buku ini memberikan strategi untuk belajar, mempersiapkan ujian, membagi waktu, hingga mengatasi waktu dalam menunda-nunda pekerjaan.

1984 – George Orwell
1984 adalah novel satir yang terbit pada tahun 1949. Novel ini adalah novel yang populer karena menceritakan dengan baik segala bentuk kecurangan penguasa dan kepentingan politik. Selain itu novel ini juga cukup relevan dengan situasi saat ini.

To Kill a Mockingbird – Harper Lee
Novel To Kill a Mockingbird bercerita tentang gadis muda yang tumbuh melalui banyak petualangan, keseruan, dan berhubungan erat dengan dunia sekitar. Banyak hal yang dibahas dalam buku ini seperti ketidakadilan.

Rich Dad Poor Dad
Rich Dad Poor Dad adalah buku yang berbicara tentang pengelolaan finansial. Finansial adalah hal penting yang harus dipelajari oleh mahasiswa. Gagasan penulis tersampaikan dengan perumpamaan “poor dad” dan “rich dad”.

The Alchemist
Buku yang wajib dibaca oleh mahasiswa adalah The Alchemist. Buku ini adalah sumber dari ungkapan terkenal “when you really want something, the whole universe conspires in helping you to achieve it.”

Novel ini bercerita tentang pencarian jati diri yang menginspirasi pembacanya untuk mengejar apa yang diinginkan tanpa rasa takut.

Justice: Whats the Right Thing to Do? – Michael Sandel
Jika kalian menyukai isu sosial maka buku ini bisa masuk daftar bacaan kalian. Buku ini juga mengasah kemampuan berpikir kritis yang membantu kalian untuk memahami isu-isu sosial dengan adil dan solusinya.

Itulah rekomendasi beberapa buku yang cocok dibaca oleh mahasiswa bagi yang ingin memperkaya gagasan maupun wawasan. Jangan lupa dibaca ya Sahabat Virtues!

Jika ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai dirimu, yuk ikuti Virtues Profiling, temukan potensi diri mu sekarang juga!