Hi Sahabat Virtues! Jika Anda ingin melakukan remote onboarding dengan lancar dan efektif, berikut langkah-langkah yang bisa Anda coba:

Membuat Rencana Onboarding

Sebelum melaksanakan virtual onboarding, divisi HR perlu membuat rencana onboarding sesuai jangka waktu yang disepakati. Mulai dari membuat materi atau handout terkait informasi perusahaan dan menunjuk mentor atau buddy di dalam tim. Kemudian menyiapkan materi presentasi tentang perusahaan, membuat jadwal, hingga link telekonferensi.

Membuat Pra-onboarding

Hari pertama bekerja terkadang menyeramkan bagi beberapa orang. Karyawan baru cenderung merasa terasing karena belum mengenal karyawan lainnya. Di sinilah HR perlu melakukan sesuatu, seperti mengirim email selamat bergabung dan bingkisan khusus dari perusahaan. Pastikan pula, ada sesi perkenalan saat pra-onboarding supaya masing-masing individu bisa saling mengenal dan beradaptasi sebelum akhirnya bekerja sama dengan divisi masing-masing.

Memberikan Penjelasan Singkat dan Jelas

Selain menyediakan handout onboarding dan materi presentasi, Anda perlu memberikan penjelasan mengenai hal-hal penting mengenai person in charge di setiap divisi yang perlu karyawan baru ketahui, peraturan mengenai jam kerja, absensi, kebiasaan yang berlaku dalam perusahaan, evaluasi kinerja karyawan, dan sebagainya. Jika perlu, sediakan video pendek supaya semakin menarik. Jangan menyampaikan materi yang bertele-tele karena berpotensi membuat karyawan merasa bosan dan sulit fokus.

 

Memberikan Umpan Balik

Setelah mengakhiri sesi onboarding, berikan kuesioner untuk karyawan baru sebagai umpan balik atau feedback bagi perusahaan, termasuk tim HR. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui kesan, pemikiran, masukan, bahkan kritikan, dari karyawan baru setelah mengikuti proses onboarding. Tujuannya, supaya program onboarding selanjutnya bisa lebih baik lagi.

Dengan bantuan teknologi, proses onboarding bisa dilakukan dari jarak jauh. Hanya saja untuk melakukan virtual onboarding diperlukan beberapa persiapan yang berbeda. Supaya bisa berjalan lancar, Anda bisa menerapkan tips dalam artikel di atas.

Ingin mempersiapkan kebutuhan HR secara online? hubungi virtues.id untuk informasi lebih lanjut.