Hi Sahabat Virtues! Banyak manfaat yang didapatkan dari dunia kerja yang kompetitif secara sehat. Lingkungan kerja dengan iklim kompetitif yang sehat tidak hanya dapat memotivasi Anda, tetapi juga memotivasi semua anggota tim untuk bekerja keras dan bekerja cerdas untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, produktivitas seluruh tim akan meningkat jika berada dalam situasi dan suasana kerja yang sangat kompetitif. Bagaimana cara menciptakan iklim kerja yang sehat demi peningkatan produktivitas harian?

 

Menciptakan Iklim Kerja yang Sehat untuk Peningkatan Produktivitas Kerja

 

Tidak Egois

Menyingkirkan ego diri adalah langkah paling penting menuju persaingan yang sehat di lingkungan kantor. Ini tentu tidak mudah, mengingat namanya bersaing dengan rekan kerja untuk mewujudkan rencana dan meraih prestasi, sudah pasti akan melibatkan seluruh sumber daya yang Anda miliki, termasuk melibatkan emosi dan energi. 

Nah, supaya semuanya bisa terkendali dan iklim kerja di kantor tetap kondusif, Anda bisa mulai dari upaya kecil, yaitu tidak egois dan mementingkan diri sendiri. Contoh penerapannya, jangan suka interupsi ketika ada rekan kerja yang sedang mengeluarkan pendapatnya. 

Tunggu sampai dia selesai berbicara, baru Anda menanggapi. Ini masalah sepele, namun banyak orang masih kesusahan untuk menerapkannya. Dengan kata lain, biasakan untuk mengendalikan ego yang seringkali menjadi sumber konflik dengan orang lain. Meskipun ada persaingan kerja, Anda tidak bisa terus-menerus ingin menang sendiri.

 

Jangan karena ingin terlihat benar dan paling cerdas, Anda malah tidak mau mengingatkan maupun berbagi ilmu dengan rekan kerja yang tidak tahu. Kondisi ini dapat menimbulkan konflik di lingkungan kantor.

Tidak ada salahnya berbagi ilmu dengan rekan-rekan demi kesuksesan tim. Ingatlah bahwa kesuksesan satu orang dalam sebuah tim adalah kesuksesan bersama. Tanamkan semangat team work positif agar Anda menyadari pentingnya berbagi ilmu bermanfaat

 

Apa sebenarnya teamwork dan bagaimana membangun kerja sama tim yang sukses?

  • Pengertian Teamwork
  • Halangan dan Rintangan dalam Proses Teamwork
  • Visi dan Keterampilan dalam Membangun Teamwork
  • Peran Seorang Atasan untuk Menciptakan Kerja Sama Tim yang Solid

 

Terus Meningkatkan Kompetensi Diri

Selalu pastikan pekerjaan Anda memiliki kualitas terbaik dan terus bangun motivasi diri untuk terus menciptakan karya yang lebih baik dari sebelumnya. Di saat yang sama, Anda juga perlu menentukan tujuan yang realistis atau dapat dicapai dalam setiap rencana kerja yang tim Anda buat.

Adakalanya, Anda tidak bisa selalu fokus pada hasil kerja yang sempurna, namun semua pekerjaan menjadi terlambat untuk diselesaikan. Lebih baik fokus pada progress dan adanya kemajuan dalam setiap pekerjaan.

Hal yang juga jadi prioritas, terus tingkatkan kompetensi diri, latih diri Anda untuk mengelola waktu dengan baik, dan miliki manajemen stres yang baik.

 

Minum Air Putih

Faktanya, 70 persen dari karyawan mengalami dehidrasi. Hal ini menyebabkan kelesuan, kurang konsentrasi, dan kehilangan fokus. Menurut pengamatan, Anda mungkin kerap lupa minum air putih tanpa sebotol air minum di dekat Anda.

Setidaknya 1 liter air setiap hari untuk terhindar dari dehidrasi. Biasakan untuk menyimpan setidaknya sebotol air minum 600 ml di meja dekat jangkauan Anda untuk menjaga tubuh kita terhidrasi dengan baik. Dengan keadaan tubuh yang fit dan segar, Anda dapat menjaga fokus dan menciptakan iklim dunia kerja yang baik.

 

Mau Membantu Orang Lain

Ingatlah bahwa memberikan bantuan tidak membuat Anda terlihat lebih payah. Tawaran juga bantuan jika pekerjaan Anda sudah selesai. Ini bertujuan untuk membangun hubungan yang lebih dekat di lingkungan kantor. 

Jika Anda melakukan pekerjaan ekstra untuk membantu orang lain, ingatlah bahwa Anda juga meningkatkan kemampuan Anda. Bisa jadi di masa depan, Anda juga mendapatkan bantuan saat Anda membutuhkannya. Ini akan menciptakan iklim tempat kerja yang saling support dan mau maju bersama.

 

Berterima Kasih 

Ingatlah untuk berterima kasih kepada rekan-rekan atas kontribusi dan bantuan mereka. Jangan lupa bahwa semua orang ingin merasa dihargai dan cara termudah untuk itu adalah mengatakan terima kasih. Sifat ini akan memberikan perspektif bahwa Anda memang tulus dan menghargai orang lain.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bersaing secara sehat di tempat kerja dan meningkatkan iklim yang baik di dunia kerja. Bekerja keras itu memang baik, namun tetap ingat kesehatan tubuh Anda. Karena kesehatan bisa menjadi awal dari pembentukan sikap profesional yang sehat pula.


Source: QuBisa