Virtues Blog Post

Manfaat Kenali Diri Sendiri Melalui Tes Psikologi

Seringkali kita berusaha mengenali seseorang secara mendalam dengan mencari tahu segala sesuatu dari orang tersebut agar dapat mengenalnya lebih baik. Beberapa hal pun dicoba untuk mengenal orang lain seperti mencari tahu kehidupannya, hingga menebak apa yang sedang mereka rasakan.

Namun, kita lupa bahwa sebelum mencoba mengenal orang lain secara seksama kita harus lebih mengenal diri sendiri terlebih dahulu. Mengenali diri sendiri dapat dicoba dengan menggunakan alat tes psikologi. Tes psikologi berguna untuk mengetahui kepribadian seseorang. Hampir rerata tes psikologi menginterpretasikan bagaimana tipe keribadian kamu. Dengan mengenal tipe kepribadian maka membantu anda mengenali diri sendiri dengan lebih baik.

Ada banyak jenis tes kepribadian yang dapat digunakan. Di antaranya tes MBTI, Tes Roschach, Tes HTP (House Tree Person), atau melalui tes psikometri Virtues Profiling. Belakangan muncul berbagai platform pengembangan diri yang dikembangkan dari tes psikologi. Salah satunya adalah platform pengembangan diri yang didasari oleh asesmen virtues profiling.

Virtues Profiling adalah alat tes yang akan membantu kamu untuk mengidentifikasi diri. Salah satunya dengan melihat melihat kekurangan dan potensi diri. Sehingga dapat memudahkan kamu untuk mengetahui kekuatan dan potensi yang dapat dioptimalkan atau dimaksimalkan. Serta dapat mengetahui solusi yang tepat untuk menutupi kelemahan di dalam diri.

Tes psikologi ini juga dapat membantu kamu mengetahui cara yang tepat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Seperti halnya alat tes psikologi lain, tes virtues profiling juga memiliki beberapa soal dengan rentang nilai yang dapat menggambarkan kepribadian kamu.

Kali ini, kita akan mengulas manfaat apa saja yang didapatkan ketika kita dapat mengenali diri melalui tes psikologi.

Mengenali kelebihan dan kelemahan diri sendiri

Setelah mengetahui tipe kepribadian dan karakteristik diri sendiri, kita dapat mengenali kelemahan dan kelebihan yang ada pada diri sendiri. Mengenali kelemahan diri dapat membuat kita menjadi lebih waspada dan bijaksana dalam mengambil segala keputusan. Selain itu, mengenali kelemahan juga dapat membuat diri kita menemukan solusi untuk mengatasi kelemahan tersebut.

Sementara jika kamu mengenali kelebihan diri, maka kamu akan dapat mengetahui potensi yang dimiliki untuk mengembangkan diri di suatu lingkungan. Sehingga diharapkan karir kamu dapat dioptimalkan ketika kamu mampu mengenali potensi di dalam diri.


Mampu menentukan jalan hidup

Manfaat mengenali diri sendiri lainnya adalah kita dapat dengan mudah menentukan jalan hidup sesuai harapan atau passion kita. Misalnya saja, ketika mengetahui bahwa kamu termasuk orang yang senang dengan keramaian, maka sebaiknya kamu memilih pekerjaan yang melibatkan banyak orang. Hal ini dapat membuat potensimu menjadi lebih berkembang dan lebih hidup.


Dapat menerima kondisi diri sendiri

Setelah mengenali kelemahan dan kelebihan diri, kamu akan dapat  menerima kondisi dengan ikhlas. Begitupun kita juga akan dengan sukarela menerima kelebihan dan kekurangan orang lain. Sehingga tidak akan menimbulkan perasaan iri atau cemburu dengan kelebihan orang lain. Bahkan kamu tidak akan memaksakan kehendak kepada oranglain ketika terajdi perselisihan.


Mengetahui mana yang disukai atau yang tidak disukai

Dengan mengenali diri sendiri, kamu dapat memisahkan mana yang menjadi minat dan bakat. Sehingga dapat membantu kamu pada hal-hal yang kamu suka. Serta  dapat menghindarkan pada hal-hal yang sulit kamu kerjakan atau membuat tidak nyaman.

 

Itulah ulasan beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika kamu mengenali diri sendiri. Cobalah mengikuti tes psikologi ini di Virtues.id untuk mengenali diri kamu. Semoga bermanfaat!

Photo: google.com

Related Articles