Hi sahabat Virtues, Tujuan magang adalah untuk memperkenalkan dunia kerja sesungguhnya kepada mahasiswa atau para lulusan baru. Magang adalah jalur awal memasuki dan merasakan dunia kerja, sekaligus sebagai ajang mahasiswa atau lulusan baru menerapkan ilmu pengetahuan yang mereka dapat di bangku kuliah. Pengalaman magang juga menjadi nilai lebih ketika melamar kerja, agar perusahaan tertarik merekrut Anda. 

Mari mengulik lebih jauh tentang seluk beluk magang, mulai dari pengertian dan tujuan magang, sampai berapa besar gaji anak magang. Berikut ulasan lengkapnya. 

Apa Itu Magang?

Mengacu Undang-Undang (UU) No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pada pasal 21-30 menjelaskan, magang adalah bagian dari pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh perusahaan. Tujuan magang adalah agar mahasiswa dan lulusan baru bisa menerapkan pengetahuan dan kompetensi mereka selama berkuliah ke dunia kerja nyata. 

Apa itu magang juga menjadi ajang bagi mahasiswa atau lulusan baru merasakan dinamika, budaya, dan sistem dunia kerja profesional. Selain itu manfaat magang adalah sebagai bekal Anda melamar kerja setelah lulus kuliah. Pengalaman magang menjadi nilai tambah agar Anda bisa bersaing dengan banyak pelamar lainnya. 

Tujuan Magang

Selain sebagai kesempatan merasakan dunia kerja profesional, tujuan magang lainnya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kompetensi dan Wawasan

Magang menjadi kesempatan perdana Anda merasakan dunia kerja profesional. Baik itu soal budaya perusahaan, sistem kerja, bagaimana bekerja dalam tim, dan hal-hal lain terkait dunia kerja lainnya. Pengalaman ini tak hanya meningkatkan wawasan Anda tentang dunia kerja, melainkan juga kompetensi Anda sehingga mampu bersaing ketika mencari pekerjaan. 

2. Mengaplikasikan Ilmu Secara Langsung dalam Praktik Kerja

Selanjutnya tujuan magang adalah kesempatan Anda menerapkan ilmu yang Anda dapat selama kuliah. Tentu akan menguntungkan jika tempat dan pekerjaan Anda ketika magang sejalan dengan pendidikan yang Anda ambil. Di sisi lain, ilmu berupa teori yang Anda dapat di bangku kuliah belumlah cukup untuk memasuki dunia kerja. Anda butuh pengalaman. 

3. Mengembangkan Hard Skill dan Soft Skill

Magang juga bertujuan untuk mengembangkan hard skill dan soft skill. Hard skill contohnya keterampilan dalam bidang marketing dan sales, menguasai komputer dan perangkat lunaknya, keterampilan desain, dan sebagainya. Sedangkan soft skill contohnya kemampuan berkomunikasi, beradaptadi, negosiasi, dan manajemen waktu. 

4. Beradaptasi dengan Dunia Kerja bagi Fresh Graduate

Dunia kerja profesional amatlah berbeda dengan dunia kampus. Ada sistem, budaya, dan target yang harus Anda capai. Tanggung jawabnya pun lebih besar. Karena itu magang menjadi kesempatan Anda beradaptasi dengan dunia kerja agar tidak kaget kelak menjadi karyawan di sebuah perusahaan. 

5. Memperluas Relasi dan Jaringan Pertemanan

Magang juga bertujuan untuk mempeluas relasi dan jejaring pertemanan Anda. Ketika magang Anda akan bertemu dengan banyak orang baru. Cobalah untuk berkenalan dan menjalin pertemanan. Selain menambah kawan, bisa jadi peluang kerja datang dari relasi Anda. 

6. Membuka Peluang untuk Masuk Dunia Kerja

Tujuan magang adalah membuka peluang Anda diterima bekerja. Apalagi jika selama magang performa Anda mengesankan, sangat mungkin Anda diminta menjadi karyawan begitu lulus kuliah. 

7. Menjadikan Fresh Graduate Lebih Siap Kerja

Ingat, persaingan dalam mencari kerja semakin ketat, karena itu Anda harus punya nilai lebih. Salah satunya adalah pengalaman kerja. Dengan memiliki pengalaman kerja perekrut melihat Anda lebih siap kerja ketimbang kandidat lainnya. 

8. Pengalaman Magang dapat Masuk di Portofolio dan CV

Cantumkan pengalaman magang dalam portofolio dan CV Anda. Ini bertujuan agar perusahaan melirik Anda karena dinilai lebih siap memasuki dunia kerja. 

9. Belajar Bekerja Secara Profesional

Tujuan magang selanjutnya menjadi kesempatan Anda untuk belajar bekerja secara profesional. Di dunia kerja, sikap, etos kerja, dan kepribadian Anda menjadi penilaian penting bagi perusahaan. Karena itu ketika magang, selesaikan tugas dan tanggung jawab Anda sebaik mungkin. 

Gaji Anak Magang

Anak magang biasanya tidak berhak mendapat gaji. Perusahaan biasanya memberi anak magang uang saku atau insentif dalam bentuk kompensasi biaya makan, transportasi, atau imbalan kerja lainnya. Nah besaran insentif ini tergantung dari kebijakan perusahaan masing-masing. Akan tetapi sebaiknya Anda tidak berorientasi pada gaji ketika magang. Jalani proses magang dengan sungguh-sungguh karena bekal pengalaman magang amatlah penting agar Anda siap memasuki dunia kerja. 

Tujuan magang adalah agar Anda tidak kaget ketika memasuki dunia kerja dan siap berkompetisi ketika mencari kerja. Selain itu bagi para mahasiswa, magang punya banyak manfaat.

source : qubisa.com