Sahabat Virtues, SOP diperlukan agar prosedur pekerjaan yang Anda lakukan di perusahaan dapat dilakukan secara teratur dan mengikuti garis koordinasi yang telah ditentukan. SOP dapat membantu memfasilitasi jaminan kualitas dan kualitas kontrol dalam manajemen proses, evaluasi proses dan peningkatan proses pekerjaan rutin yang menjadi tanggung jawab Anda.

Sederhananya, karyawan tidak akan bertanya secara berulang-ulang tentang pekerjaan yang dilaksanakan karena sudah diatur dan ditetapkan dalam SOP. Oleh karena itu, pastikan semua pihak baik Anda maupun karyawan Anda mengerti tentang SOP perusahaan atau SOP divisi masing-masing.

Berikut beberapa manfaat SOP secara umum bagi perusahaan atau organisasi.

 

Membantu Anda Meminta Pertanggungjawaban Karyawan

Anda dapat mengevaluasi kinerja karyawan Anda melalui SOP yang berlaku dan meminta pertanggungjawaban karyawan Anda jika melakukan kesalahan yang merugikan ketika SOP tidak dijalankan dengan benar. 

 

Meningkatkan Komunikasi yang Efektif

Dalam SOP telah tertera instruksi yang jelas untuk melakukan tugas tertentu beserta prosesnya. Hal ini dapat digunakan untuk meningkatkan komunikasi dan hubungan antar sesama rekan kerja. Dalam SOP juga telah tertulis deskripsi tugas yang akan dikerjakan oleh masing-masing divisi yang kemudian akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. 

 

Membantu Staf Lebih Mandiri

SOP dapat membuat staf menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung kepada manajemen sehingga dapat mengurangi intensitas pemimpin untuk ikut campur dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. 

 

Meningkatkan Akuntabilitas

Akuntabilitas perusahaan dapat ditingkatkan melalui SOP yang telah ditetapkan dengan cara mendokumentasikan tanggung jawab khusus yang akan dilaksanakan dalam sebuah prosedur kerja yang sistematis. 

 

Membantu Pengembangan Karyawan

SOP dapat menjadi bahan untuk menyusun pelatihan untuk pengembangan karyawan seperti yang dibutuhkan. Selain itu, SOP juga membantu karyawan agar tidak terjadi overlapping untuk membuat suasana kerja tetap stabil dan positif. 

 

Menjadi Ukuran Kinerja

Kinerja yang diukur dari SOP adalah kinerja karyawan dan juga perusahaan apakah tanggung jawab yang diberikan sudah dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan atau tidak.

Sebuah dokumen yang sudah ditetapkan pada SOP untuk mengatur jalannya prosedur pekerjaan dengan lancar dan sistematis, berguna agar tidak terjadi tumpang tindih pekerjaan dan operasional perusahaan dapat dilaksanakan dengan baik. SOP harus disusun dengan beberapa prinsip seperti kemudahan dan kejelasan, efektivitas dan efisiensi, keseimbangan, dinamis, berorientasi pada pengguna, mengikuti aturan dan hukum yang berlaku serta terukur dan pasti.

Selain itu, SOP juga memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah dapat membantu Anda meminta pertanggungjawaban karyawan, meningkatkan komunikasi yang efektif, membantu staf lebih mandiri, meningkatkan akuntabilitas, membantu pengembangan karyawan, dan menjadi alat ukur kinerja karyawan dan performa perusahaan.

Membutuhkan cara pembuatan SOP? Hubungi virtues.id sekarang juga! atau ikuti terus artikel selanjutnya kami akan membahas rancangan pembuatan SOP bagi perusahaan! so, stay tune!