Manfaat portofolio lamaran kerja untuk meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme, menonjolkan keahlian, bukti memiliki pengalaman bekerja, nilai tambah bagi pelamar kerja, dan masih banyak lagi. Pahami secara lengkap fungsi dan manfaat portofolio lamaran kerja dalam ulasan di bawah ini.

5 Manfaat Portofolio Lamaran Kerja

Portofolio lamaran kerja adalah kumpulan informasi yang terdiri dari contoh-contoh pekerjaan, proyek, atau hasil karya lainnya yang relevan dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Beberapa bahkan menyertakan sertifikat pelatihan yang dimiliki sebagai dokumen pelengkap.

Melampirkan portofolio bisa menjadi nilai tambah sehingga memperbesar peluang kamu mendapatkan pekerjaan impian. Nah, manfaat portofolio lamaran kerja, antara lain:

1. Meningkatkan Kredibilitas dan Profesionalisme

Jika kamu melampirkan portofolio yang berisi kumpulan karya dan prestasi yang terdokumentasi dengan baik, maka portofolio tersebut akan meningkatkan kredibilitas, profesionalitas, serta membuktikan kompetensi yang kamu miliki. 

Bahkan semakin relevan isi portofolio dengan posisi yang kamu lamar, bisa meyakinkan rekruter kalau kamu adalah kandidat potensial yang tepat untuk mengisi posisi tersebut.

2. Memudahkan Rekruter Melakukan Seleksi Awal

Proses seleksi awal menjadi penentu, apakah kamu akan terpilih sebagai kandidat yang maju ke babak selanjutnya atau tidak. Itu sebabnya, banyak yang menyarankan untuk membuat CV yang mampu menarik perhatian rekruter. 

Namun saat ini, mengirimkan CV yang menarik, bahkan CV ATS friendly saja tidak cukup lho. Apalagi persaingan para pencari kerja semakin ketat.

Maka cara lain untuk membuat rekruter memberi perhatian pada dokumen lamaran kerjamu adalah dengan melampirkan portofolio kerja. 

Di dalam portofolio, kamu bisa mencantumkan berbagai hasil karya yang sudah kamu selesaikan, studi kasus beserta hasilnya, prestasi yang pernah kamu raih, bahkan sertifikat dan jenis penghargaan lain. 

Adanya informasi yang detail dan lengkap berkaitan dengan kompetensi yang kamu miliki akan memudahkan pihak rekruter untuk mengambil keputusan kalau kamu adalah kandidat potensial yang patut dipertimbangkan dan dipanggil dulu untuk interview kerja.

3. Bukti Nyata Keahlian dan Pengalaman Kerja yang Kamu Miliki

Portofolio kerja dapat menjadi media yang tepat untuk menonjolkan keahlian dan pengalaman kerja yang kamu miliki. Misalnya, kamu adalah seorang desainer. 

Di dalam portofolio tampilkan saja berbagai karya desain grafis yang sudah kamu selesaikan dengan baik. Ini menjadi nilai tambah yang meyakinkan rekruter kalau kamu memang benar-benar memiliki kemampuan di bidang desain grafis.

Contoh lain, kamu melamar pada posisi sebagai content writer. Nah, buat portofolio yang berisi berbagai karya tulis yang sudah kamu hasilkan, termasuk di mana karya tulis tersebut dipublikasikan. 

Apakah di website atau dalam bentuk buku? Semakin detail isi portofolio juga semakin bagus lho, asal tidak terlalu berlebihan dan masih relevan dengan posisi yang kamu lamar.

4. Memperlihatkan Kemampuan Mengkomunikasikan Ide dalam Bentuk Visual

Kemampuan kamu dalam membuat portofolio lamaran kerja juga menunjukkan kalau kamu mampu mengkomunikasikan ide dalam bentuk visual sehingga mudah dipahami. 

Dalam portofolio, tampilkan saja karya-karyamu secara terstruktur. Jangan lupa, lengkapi juga dengan keterangan pendukung, seperti kapan dibuat, untuk apa dibuat, apakah pernah meraih penghargaan, dan sebagainya.

5. Membuat Kamu Lebih Unggul Dibandingkan Kandidat Pelamar Kerja Lainnya

Dalam dunia kerja yang kompetitif, melampirkan portofolio lamaran kerja dapat membuat kamu terlihat lebih unggul dibandingkan dengan kandidat pelamar kerja lainnya. Hal ini karena isi portofolio bisa membuktikan kalau kamu memang mampu bekerja di bidang tersebut.

Portofolio kerja memiliki berbagai fungsi dan manfaat yang sangat berguna dalam proses rekrutmen kerja. Dengan melampirkan portofolio kerja, kamu dapat menonjolkan kemampuan dan keahlian yang kamu miliki kepada recruiter, sehingga dapat meningkatkan peluang diterima bekerja. Agar peluang kamu semakin besar.





Source : Qubisa.com