Virtues Blog Post

Inilah Alasan Mengapa Pengembangan Diri Sangat Penting

      Apa sih yang dimaksud dengan pengembangan diri? Pengembangan diri merupakan kemampuan seseorang untuk mengembangkan diri demi mengoptimalkan potensi yang dimiliki. Penting sekali seseorang mengenali dirinya sendiri secara utuh sebelum dia mengembangkan diri. Setelah mengetahui potensi dan kelemahan diri, kita akan dapat memotivasi diri untuk dapat meraih kesuksesan.  Kita akan dapat mengetahui target-target apa yang dapat dikembangkan dan dicapai. Serta kita akan dapat menemukan solusi dari setiap hambatan yang timbul karena kelemahan kita.

     Setiap orang terlahir unik dan berbeda satu sama lain. Oleh karena itulah kita tidak bisa memaksakan diri untuk menjadi orang lain, begitu juga sebaliknya. Untuk dapat mengembangkan diri, maka  jangan pernah membandingkan kemampuan diri kita dengan orang lain. Jadikanlah perbedaan itu sebagai motivasi untuk berbenah bukan malah menghambat langkah sukses kita. Lalu mengapa pengembangan diri itu sangat penting untuk dilakukan?. Berikut ini akan dikupas tentang hal tersebut.

Lebih percaya diri

   Pengembangan diri sangatlah penting untuk dapat membantu kita menghadapi banyak hal di segala situasi. Penting diingat bahwa kehidupan selalu berkembang dan berubah, dengan pengembangan diri maka kita akan siap menghadapi hal tersebut. Rasa percaya diri akan semakin meningkat ketika kita sudah memahami seluk beluk kemampuan yang terdapat di dalam diri.

   Ketika tidak mengenali diri sendiri, otomatis kita tidak akan pernah siap dengan segala perubahan yang terjadi dalam hidup. Dampak negatifnya adalah kita hanya akan menggerutu dan cemburu dengan keberhasilan orang lain.  Oleh karena itulah, sangat penting sekali pengembangan diri.

Munculnya peluang baru

   Seseorang yang telah mengembangkan dirinya akan lebih mengenal potensi yang ada di dalam diri. Dengan adanya hal tersebut maka kita akan siap menerima peluang baru. Seseorang yang telah mengembangkan dirinya akan merasa tertantang dengan adanya peluang baru tersebut.  Peluang baru yang muncul tersebut dapat membuka jalan hidup yang baru.  Sederhananya begini, setelah menemukan potensi atau bakat yang terpendam maka kita akan dapat mengoptimalkan hal tersebut.

   Ada salah satu tes psikologi yang didasari asesmen profiling, di mana anda dapat mengetahui potensi dan nilai-nilai yang ada pada diri anda. Misalnya hasil dari tes tersebut ternyata anda mempunyai bakat menjadi penulis. Maka hasil tersebut merupakan peluang baru bagi anda yang dapat membuka jalan untuk menjadi seorang penulis. Intinya, dengan pengembangan diri maka seseorang akan menemukan titik jelas arah dan target kehidupannya.

Lebih dapat mengontrol emosi

   Ibarat sebuah pohon, ketika bertumbuh maka akan muncul tunas baru dan beberapa daun yang mulai layu dan tua akan berguguran. Seperti itulah jika telah mengembangkan diri, maka kita akan dapat terus dapat tumbuh. Selain itu dengan pengembangan diri maka akan dapat menghilangkan segala hal yang dapat menghambat langkah. Berdisiplin dalam mengembangkan diri akan membantu kita menyadari apa yang sedang terjadi dan dapat mengontrol emosi.

   Semua yang terjadi di dalam hidup adalam proses pengembangan diri dan kita akan selalu dituntun untuk lebih fleksibel. Melakukan pengembangan diri tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri tetapi juga untuk lingkungan sekitar.  Kita akan lebih mudah beradaptasi di lingkungan baru, dapat mencapai target dalam karir. Sudut pandang punakan ikut berubah. Tidak lagi berfokus untuk mengalahkan orang lain tetapi lebih ingin berkolaborasi untuk berkembang bersama-sama. Jadi tak perlu cemas dan takut untuk mengenali diri dan mengembangkannya.

Related Articles