Hai,Sahabat Virtues!

Sebelumnya kita membahas mengenai tanda apakah kamu merasa insecure, selanjutnya bagaimana sih cara kita melawan rasa insecure kita?

Setiap orang pasti merasa insecure di beberapa titik dalam hidup mereka. Rasa insecure ini bisa berupa apa saja, baik itu kehidupan profesional, kehidupan pribadi, atau penampilan mereka. Lebih sering daripada tidak, rasa insecure berasal dari membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Hal ini muncul ketika dirimu mulai merasa kurang penting, tidak berhasil dan tidak bahagia dengan tujuan hidupmu.
 
Pada saat-saat seperti itu, alih-alih menenggelamkan diri dalam rasa mengasihani diri sendiri, yang penting adalah menjaga objektivitasmu tetap utuh dan tidak terlalu memikirkan diri sendiri. Jadi jika dirimu merasa insecure dan rendah diri, ikuti cara-cara yang diberikan di bawah ini untuk mengatasi rasa insecure dengan cara yang sehat.
 
1. Petimbangkan Peran Ego
 
Perhatikan fakta bahwa egomu yang membuatmu mencari validasi dari luar. Ego Andalah yang memaksamu untuk membandingkan dirimu dengan siapa pun yang kamu temui. Jadi lepaskan egomu dan jadilah orang yang lebih baik dan lebih aman.
 
2. Ubah Cara Berpikirmu
 
Alih-alih membuat dirimu merasa gagal, pikirkan rasa insecure sebagai cara untuk memperbaiki diri sendiri dengan mengubah perspektifmu dan membuat dirimu sadar akan kekuranganmu. Akui rasa tidak aman dan temukan akarnya untuk mengetahui apa yang membuatmu merasa seperti ini.
 
3. Cintai Dirimu Sendiri
 
Apa pun yang terjadi, selalu cintai diri sendiri tanpa syarat dan sepenuh hati. Tidak ada yang bisa membuatmu merasa tidak aman ketika dirimu mencintai diri sendiri dan menerima kekuranganmu sambil juga merayakan pencapaianmu.
 
4. Bersyukur
 
Bersyukurlah kepada Tuhan untuk semua yang kamu miliki dan buatlah daftar hal-hal yang dirimu syukuri. Jangan anggap remeh dan ubah sudut pandangmu.
 
Rasa insecure dapat menghambatmu untuk mencapai tujuan, buang jauh perasaan itu. Percayalah pada dirimu, kemampuanmu, dan apa pun yang kamu miliki saat ini ya Sahabat Virtues!


Ingin tahu lebih mengenai informasi pengembangan diri? cek di artikel kami atau follow instagram kami @virtues.id