Sahabat Virtues sedang mengikuti sidang skripsi? Cemas saat akan mengikuti sidang skripsi merupakan hal yang biasa terjadi. Namun jangan sampai rasa gugup dan cemas mempengaruhi performa saat sedang presentasi.

Bagaimana cara agar tetap percaya diri dan tidak gugup saat sidang skripsi? Berikut ini beberapa tipsnya :

1. Latihan presentasi di depan cermin
Setelah selesai mengerjakan skripsi seringlah berlatih presentasi di depan cermin dengan catatanmu sendiri. Selain itu mintalah bantuan teman satu jurusan untuk menjadi penonton dan memberikan saran.

2. Tidak terlambat
Sebaiknya saat sidang skripsi kalian dapat datang lebih awal. Jika datang terlambat nantinya akan mempengaruhi performa saat presentasi. Pastikan kalian datang di waktu yang tepat dan tidak menunggu terlalu lama sebelum masuk sidang. Misalnya 30 menit sebelum sidang.

3. Latihan pernapasan
Latihan pernapasan membantu mengurangi kecemasan karena merupakan teknik untuk mengendalikan kecemasan. Caranya yaitu menemukan tempat tenang dan duduk dengan punggung tegak serta bahu sejajar (tidak bungkuk).

Lalu tarik napas dalam-dalam lewat hidung, tahan sejenak, hembuskan perlahan lewat mulut dan hitung satu sampai lima. Dengan melakukan latihan pernapasan, otak akan mendapatkan asupan oksigen yang diperlukan dan menjaga pikiran tetap jernih dan fokus.

4. Mengundang teman
Dengan mengundang teman saat sidang skripsi, kalian akan mendapatkan dukungan psikologis. Terutama saat mereka memberikan kata positif dan tersenyum kepada kalian.

5. Memberikan Self Reward
Setelah semua kesulitan dan kerja keras yang dilakukan untuk sidang skripsi, jangan lupa berterimakasih kepada diri sendiri. Hal itu perlu dilakukan untuk mengapresiasi diri sendiri. Berilah hadiah kepada diri sendiri seperti bersantai, makan makanan favorit, jalan-jalan, dan lain sebaginya.

Semoga dapat bermanfaat ya Sahabat Virtues! Dengan adanya ini kamu jadi siap untuk mempersiapkan segala hal untuk pengujian Skripsi! Lalu? apa yang perlu kamu lakukan selanjutnya? yaitu mempersiapkan jenjang karir yang baik! Ingin tahu potensi kamu dalam karir? Yuk ikuti Virtues Profiling dan temukan karir yang cocok dan gaya komunikasi dengan partner mu, hanya di Virtues!