Virtues Blog Post

Tren Gunakan Test Kepribadian Untuk Merekrut Karyawan

Tes kepribadian merupakan salah satu tes psikologi yang seringkali digunakan dalam proses perekrutan karyawan baru di sebuah perusahaan. Dengan tes ini, maka perusahaan akan dapat menemukan karyawan yang memiliki kepribadian yang sesuai dengan nilai-nilai perusahaan. Dengan kata lain, perusahaan akan menemukan karyawan yang paling sesuai dengan syarat yang dibutuhkan baik dalam keahlian ataupun sikapnya.

Penting sekali sebuah perusahaan atau seorang pengusaha mengetahui kepribadian karyawannya. Kepribadian ini meliputi sifat optimisme, dan krativitas.  Berikut ini beberapa alasan mengapa perusahaan menggunakan tes kepribadian dalam proses rekrutmen calon karyawan.

Untuk melihat kecocokan kepribadian dengan nilai-nilai perusahaan

Setiap perusahaan memiliki budaya kerja masing-masing. Tes kepribadian yang dilakukan selama proses rekrutmen dapat menunjukkan apakah kepribadian calon karyawan cocok dengan  budaya yang ada dalam perusahaan. Semisal, perusahaan tersebut bekerja dibidang yang menuntut kekreatifitas tinggi.  Maka pemilik perusahaan akan mencari karyawan dengan kepribadian imajiner  dan tingkat kreativitas yang tinggi pula. Dengan tes kepribadian, maka perusahaan akan dapat merekrut karyawan yang cocok. Sementara karyawan pun akan senang dan bahagia, karena sesuai dan cocok dengan kepribadiannya.

Untuk melihat kecocokan karyawan dengan tim

Tes kepribadian akan menunjukkan hasil apakah seorang calon karyawan dapat bekerja dengan tim atau tidak. Tes kepribadian juga akan dapat menentukan apakah calon karyawan dapat mengambil keputusan dengan baik atau tidak ketika bekerja dalam teammwork.

Untuk menentukan gaya komunikasi

Hal terpenting dalam sebuah perusahaan adalah adanya komunikasi yang baik di antara karyawan.  Beberapa posisi pekerjaan juga mengedepankan kemahiran dalam berkomunikasi. Melalui tes kepribadian ini maka akan dapat membantu mencari tahu bagaimana karyawan berkomunikasi. Selain itu juga dapat membantu mencari tahu bagaimana karyawan memecahkan sebuah masalah ketika ada konflik dengan rekan kerja. Tes kepribadian juga akan membantu menemukan karyawan yang dapat berkolaborasi dalam tim.

Dapat memberikan info yang tidak ditulis dalam CV

Dalam sebuah biodata diri atau CV pasti calon karyawan akan menunjukkan hal-hal yang baik dan positif saja. Dengan adanya tes kepribadian yang dilakukan dan diintrepetasikan oleh ahli maka dapat memberitahu tentang kepribadian calon karyawan secara detail dan terbuka.

Untuk mengetahui kekuatan dan ketahanan mental calon karyawan

Sebuah alat tes kepribadian akan menunjukkan seberapa kuat dan ketahanan mental pada calon karyawan ketika dihadapkan sengan berbagai masalah kerja. Dari hasil tes kepribadian tersebut, maka perusahaan akan dapat mengetahui bagaimana responnya nanti ketika dihadapkan dengan tekanan kerja.

Salah satu hal terpenting dalam proses rekrutmen calon karyawan adalah mengetahui kemampuan karyawan dalam menyelesaikan tugas dan masalah. Beberapa alat tes kepribadian dapat membantu menunjukkan kemampuan ini

Untuk mengetahui kreativitas karyawan

Perusahaan atau pemilik perusahaaan melakukan rekrutmen karyawan untuk mencari karyawan yang dapat diandalkan oleh perusahaan dalam situasi apapun. Ada tipe perusahaan yang bekerja di bidang kreatif. Untuk mencari karyawan yang memiliki minat dan kreativitas tinggi maka perlu dilakukan tes kepribadian. Biasanya tes kepribadian yang dipilih adalah tes gambar, seperti tes DAP (draw a person) Tes Wartegg dan lain-lain.  Tes kepribadian yang menggunakan gambar ini akan dapat mengetahui tingkat imajinasi calon karyawan.

Itulah beberapa hal yang mendasari pentingnya tes kepribadian dalam merekrut karyawan baru. Biasanya sebuah perusahaan akan meminta bantuan jasa konsultan untuk melakukan tes dengan hasil yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Saat ini banyak sekali platform yang menawarkan jasa tersebut. Salah satunya adalah virtues.id. Virtues.id adalah sebuah platform pengembangan diri untuk profesional yang didasari oleh asesmen vitues profiling.  Virtues profiling merupakan alat tes yang dapat membantu perusahaan mengidentifikasi  calon karyawan dengan melihat kekuatan dan potensi. Tes Vitues Profiling dapat dilakukan di mana saja. Untuk itulah, jika perusahaan anda membutuhakn tes psikologi, anda dapat menggunakan platform ini.

Related Articles