Virtues Blog Post

Biar Nggak Berantem, Ini Cara Menghadapi Perbedaan Karakter Teman-Teman Kamu Pas Lagi Liburan

Bulan ini tepat menginjak bulan terakhir di tahun ini, biasanya di akhir tahun sudah banyak sekali orang yang merencanakan liburan atau masih ada yang “ingin” merencanakan liburan. Tetapi tidak mudah untuk merencanakan liburan karena kamu harus mengatur budget, tempat yang ingin dikunjungi, akomodasi, transportasi, dan yang terpenting siapa yang ingin kamu ajak liburan.

Untuk mengatur dan memesan liburan sudah banyak aplikasi atau website yang kamu bisa gunakan, seperti Traveloka untuk memesan hotel dan tiket, ada TravelSpend untuk mengatur pengeluaran dan budget, dan juga ada Virtues Profiling yang dapat mengetahui sifat orang-orang yang kamu ajak liburan. Ketika kamu liburan kamu akan dihadapkan orang dengan sifat yang berbeda dan harus saling memahami satu sama lain, agar tidak terjadi bentrok.

Nah, sekarang Virtues mau coba share tipe-tipe orang liburan berdasarkan hasil Virtues.

Visionary
Untuk kamu yang memiliki teman dengan profil Visionary, kamu harus mengajak dari jauh-jauh hari, enggak  bisa kalo kamu ajak pergi dadakan. Mungkin kamu bisa booking untuk satu tahun ke depan dan mencoba hal-hal yang baru di tempat tujuan. Selain itu, mereka biasanya mau serba jelas tujuannya dan enggak mau yang repot-repot.

Intrapreneur
Nah, kalo kamu bepergian dengan orang yang Intrapreneur bisa banget pergi dadakan dan yang penting adalah murah, haha. Mereka akan secara otomatis akan memperhitungkan biaya-biaya dan senang jika melihat diskon besar, mulai dari pembelian tiket dan hotel, kalo bisa ada travel fair sampai di tujuan harus ada yang diskon juga, haha.

Realist
Hmmm, biasanya orang yang Realist ini dibilang orang yang paling ribet dan sulit untuk pergi dadakan padahal banyak keuntungannya kalo kamu pergi dengan orang yang Realist. Mereka akan membuat perencanaan atau itinerary yang sangat detail, mulai dari hari, jam, transport, tempat yang akan dikunjungi, hingga pengeluaran selama liburan. Memang terlihat ribet, tetapi akan sangat membantu jika kamu bingung akan menghabiskan waktu kemana.

Taskmaster
“Cusss, kita pergi!” Ucapan-ucapan ini sering banget diucapkan oleh orang yang memiliki proil Taskmaster karena mereka selalu siap berangkat kapan saja. Mereka biasanya senang sekali jika ada tantangan atau acara yang seru, makin siap pergi kapanpun, haha. Taskmaster ini orangnya tidak terlalu memikirkan hal yang akan dilakukan disana, yang penting pergi aja dulu~ hahahaha.

Unifier
“Enggak ada lo enggak rame” ucapan yang sering diucapkan oleh orang Unifier. Mereka senang sekali kalo ada keramaian, jadi sebisa mungkin mengajak seluruh teman-temannya untuk pergi bersama. Orang yang siap sedia kapanpun ini, memang selalu memberika suasaana yang berbeda, yang pastinya selalu rame jika ada orang Unifier. Nah, dipastikan juga ya kalo kamu pergi dengan orang Unifier, cari tempat yang bagus untuk kebutuhkan feed atau story sosial medianya, hihi.

Sekarang sudah tau bagaimana tipe-tipe orang ketika berliburan, tetapi kamu sudah tau belum tips menghadapi orang yang berbeda tipenya dengan kamu? Kalau kamu belum tau, coba cek tips di bawah ini

Bicarakan
Coba kamu bicarakan kepada teman-teman kamu mengenai tugas yang harus dilakukan. Ketika kamu dan teman-teman sudah mengambil Virtues Profiling, kalian akan mengetahui bagaimana tipe mereka ketika berliburan. Bicarakan juga hal-hal mengenai diri kamu, agar mereka mengetahui apa yang kamu suka atau tidak, sehingga akan meminimalisir keributan ketika bepergian.

Memahami dan Toleransi
Ketika kamu dan teman-teman sudah mengetahui tipe satu sama lain, coba kalian pahami dan toleransi sifat teman-teman kalian. Tidak semuanya akan berakibat buruk jika saling didiskusikan dengan baik dan bantu temukan jalan keluarnya.

Hargai Pendapat
Saling menhargai pendapat satu sama lain dengan melakukan komunikasi yang baik akan menghindari konflik ketika sedang berliburan. Ketika teman sedang memberikan pendapat mungkin bisa dirundingkan baiknya bagaimana, sehingga ia merasa pendapatkan akan dihargai.

Jadi kamu dan teman-teman sudah ambil Virtues Profiling belum untuk mengetahui profil kamu? Kamu bisa buka www.virtues.id untuk mengetahui tipe teman kamu seperti apa ketika liburan. Jangan lupa untuk liburan kali ini tetap patuhi protokol kesehatan ya! Hmm, mungkin bisa #stayathome terlebih dahulu dan rencanakan liburan ketika pandemi sudah berakhir ya, guys.

Written by Rumaisha Medina

Related Articles