Virtues Blog Post

Gali Potensi Secara Profesional untuk Menjadi Enterpreneur Sukses

Profesionalisme selalu berhubungan dengan kualitas diri yang ditampilkan melalui perilaku dan karakter kerja.  Dikatakan profesional ketika anda memiliki pengetahuan dan kompetensi khusus  yang membuat anda menjadi seorang ahli. Seorang profesional juga akan memiliki tujuan dan pengaturan diri untuk meraih tujuan tersebut. Serta mempunyai gambaran jelas tentang visi dan misi apa yang sedang dikerjakan.

Belakangan ini, memiliki bisnis dan menjadi enterpreneur merupakan mimpi kebanyakan orang. Namun di dunia bisnis tidak ada yang namanya “instan”.  Ada banyak rintangan, hambatan yang akan menjatuhkan dan menghalangi.  Menjadi seorang yang profesional adalah kunci sukses seorang enterprenuer.

Untuk menjadi pebisnis yang profesional, anda harus memulainya dari nol dan mengetahui terlebih dahulu potensi yang ada di dalam diri. Anda harus mengenali diri anda, apa yang menjadi passion, kelemahan dan kekuatan yang ada di dalam diri. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjadi seorang enterpreneur sukses.

Mengenali passion di dalam diri

Passion adalah salah satu kunci sukses berbisnis. Lakukan apa yang anda kuasai sehingga ketika mengerjakannya tidak akan setengah hati. Dan satu-satunya yang dapat membangkitkan usaha ketika mengalami kegagalan adalah passion.

Banyak enterprenuer yang memulai usahanya dari hobi. Sehingga apa yang dikerjakan selalu berasas kesenangan dan akan terasa lebih ringan dalam menjalankannya. Dengan mengetahui passion yang ada di dalam diri anda, maka anda tidak akan kehabisan ide dan semangat untuk mengembangkan usaha.

Melakukan selangkah demi selangkah

Kunci sukses enterpreneur adalah tidak menggunakan cara “all-in” ketika memulai bisnis. Enterpreneur memang harus siap menerima segala resiko dalam berbisnis, namun bukan berarti bebas melangkah. Seorang enterpreneur profesional harus memiliki tujuan yang jelas, dan cara bagaimana mengambil langkah-langkah yang tepat agar sampai pada tujuan tersebut. Anda harus pandai mempertimbangkan resiko terkecil dari setiap pilihan yang diambil.

Mau belajar

Kunci sebuah kesuksesan adalah belajar dari pengalaman. Pengalaman bisa datang dari diri sendiri atau dari orang lain. Seringkali, seorang enterprenuer memulai karirnya dengan bekerja menjadi karyawan di sebuah perusahaan. Meluangkan waktu bekerja untuk oranglain akan menambah pengalaman dan wawasan dalam dunia bisnis sebelum membesarkan bisnis sendiri.

Sudah banyak pengusaha sukses yang dapat dicontoh. Perhatikan bagaimana mereka memulai bisnis dan mengatasi setiap problem yang menghambat bisnis mereka.

Percaya diri

Percaya diri adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang enterprenuer. Sebab seorang pengusaha harus berani memperkenalkan usahanya di depan umum. Sehingga gestur anda yang percaya diri ketika memperkenal diri dan bisnis akan menambah nilai plus pada bisnis anda.

Berani merealisasikan tujuan dan rencana

Seorang enterprenuer harus memiliki banyak ide, dan juga harus berani merealisasikan ide-ide tersebut. Anda harus membuat sebuah tindakan yang siginifikan untuk merealisasikan ide dan tujuan bisnis. Kadangkala, salah satu penghambat bisnis adalah tidak mengeksekusi apa yang sudah menjadi rencana.

Membangun tim kerja yang solid

Mustahil bisnis dapat dilakukan sendiri. Anda akan membutuhkan rekan bisnis yang dapat dijadikan teman berdiskusi. Carilah tim solid yang dapat mendukung anda dalam mencapai tujuan usaha. Rekrutlah beberapa tenaga SDM yang berpassion sama dengan anda, dan memiliki kompeten di bidangnya. Sebagai seorang pengusaha artinya anda menjadi pimpinan di bisnis anda. Pastikan anda memiliki jiwa seorang pemimpin, yang sanggup memeriksa kapasitas kerja tim secara berkala.

Mau memperbaiki diri

Sikap enterpreneur sejati adalah mau mendengarkan saran dan kritik orang lain sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki diri dan bisnisnya. Ketika anda tidak mau terbuka menerima saran oranglain dan memperbaiki diri, maka jangan harap bisnis anda akan sukses dan berkembang.

Beberapa tips di atas dapat dipraktekkan dan dicoba oleh anda yang ingin memulai bisnis sendiri. Semoga informasi di atas dapat membantu.

Related Articles