Sahabat Virtues, Penting lho memiliki support system yang solid. Support system merupakan dukungan sosial yang datang dari keluarga atau teman-teman terdekat. Jadi, orang-orang dalam support system inilah yang bisa dihubungi atau ditemui saat membutuhkan bantuan.

Adanya dukungan akan membantu untuk menghadapi masalah dan memotivasi mereka agar terus berkembang. Selain itu, support system juga bermanfaat bagi kondisi psikologi yang lebih sehat karena meminimalisir stres.

Psikolog dan ahli kesehatan mental lainnya sering berbicara tentang pentingnya memiliki support system yang kuat. Misalnya, munculnya krisis percaya diri, rasa khawatir berlebih, hingga stres. Para ahli tersebut biasanya akan menyarankan untuk meminta bantuan atau bersandar pada teman dan keluarga sebagai bentuk dukungan.

Perlu diketahui bahwa hubungan sosial dapat memengaruhi berbagai aspek kesehatan maupun kesejahteraan. Dukungan sosial yang buruk dikaitkan dengan depresi dan kesepian. Bahkan telah terbukti mengubah fungsi otak dan meningkatkan risiko penggunaan alkohol, penyakit kardiovaskular, depresi, sampai bunuh diri.

Simak manfaat support system untuk remaja yang perlu orangtua ketahui, berikut ini:

1. Menciptakan perilaku dan kebiasaan baik
Seseorang cenderung mudah terbawa oleh lingkungan sekitarnya. Jika Sahabat Virtues memiliki support system yang positif, maka perilakunya pun akan mengikuti. Sebaliknya, apabila orang-orang terdekatnya terbiasa berperilaku negatif, remaja pun akan terpengaruh untuk memiliki perilaku demikian.

Kehadiran support system yang terdiri dari keluarga dan teman dekat baik akan membuat lebih disiplin, lebih sabar, lebih teliti, dan beragam kebiasaan positif demi pengembangan diri. Kekuatan support system akan memicu motivasi dalam diri sehingga lebih mudah dalam melewati masalah dan mencapai tujuan.

2. Terhindar dari stres
Adanya dukungan sosial yang kuat dapat membantu seseorang dalam mengatasi stres. Beragam hambatan yang hadir dalam kehidupan tidak menutup kemungkinan terjadinya stres pada seseorang, lho.

Perlu diketahui bahwa stres memiliki konsekuensi kesehatan yang serius. Mulai dari penurunan kekebalan hingga peningkatan risiko penyakit jantung.

Dengan dikelilingi oleh orang-orang yang peduli dan suportif, dapat membantu seseorang untuk melihat diri lebih mampu dalam menghadapi tekanan atau masalah kehidupan.

Bahkan, penelitian juga menunjukkan bahwa memiliki dukungan sosial yang kuat pada saat stres dapat membantu mengurangi konsekuensi dari gangguan yang disebabkan oleh trauma, seperti PTSD.

3. Meningkatkan motivasi dalam diri
Hubungan sosial yang kuat juga dapat membantu seseorang untuk tetap termotivasi ketika berusaha mencapai tujuan. Misalnya, saat mencoba meningkatkan prestasi belajar.

Adanya dukungan sosial yang penuh dari keluarga maupun teman dekat, seseorang pun akan lebih percaya diri dan terdorong untuk terus berusaha. Karena terkadang, motivasi datang dari luar diri.

Dukungan yang diberikan dapat berupa kalimat-kalimat motivasi positif, menawarkan bantuan ketika belajar, dan hal sederhana lainnya sehingga tujuan tercapai.

Manfaat support system untuk remaja yang seperti ini juga bisa membantunya terhindar dari rasa terpuruk saat menghadapi sebuah masalah

4. Memiliki prestasi yang lebih baik
Secara tidak langsung, support system dapat meningkatkan prestasi belajar. Kehadiran keluarga serta teman dekat yang memberi dukungan penuh dapat membantu belajar lebih nyaman.

Berusaha meningkatkan kemampuan belajarnya karena pengaruh positif dari berbagai pihak. Dukungan sosial yang diberikan dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Misalnya, menyediakan tempat belajar yang nyaman, memfasilitasi kegiatan belajar sebaik mungkin, dan selalu siap sedia membantu ketika dibutuhkan.

5. Tidak mengalami kekhawatiran yang berlebih
Tidak adanya sosok keluarga atau teman dekat dapat membuat seseorang merasa kesepian dan berujung mengalami kekhawatiran berlebih. Hal ini karena tidak tersedianya tempat untuk berbagi.

Seorang yang memiliki support system solid akan lebih mudah menemukan teman bercerita. Apa yang dirasakan atau dihadapi pun dapat diluapkan melalui cerita dengan orang lain.

Meskipun segala hal yang dikeluh kesahkan tidak harus disertai dengan solusi. Terkadang, support system hanya perlu berperan sebagai pendengar. Jadi, dapat merasa bahwa hidup ini tidak dilalui sendirian dan akan ada keluarga dan teman dekat yang menemani.

6. Hidup akan terasa lebih bahagia
Dengan hadirnya keluarga dan teman-teman yang baik, seseorang dapat merasa lebih bahagia. Sebagai support system, sosok keluarga maupun teman dekat biasanya akan mewarnai semua perjalanan remaja. Baik suka atau duka, segala sesuatu dalam kehidupan pun dapat dilalui.

Saat support system menjalankan perannya dengan baik, Seseorang akan merasa lebih disayangi, didukung, dan didampingi. Hidup pun akan terasa lebih berarti dengan kehadiran keluarga dan teman-teman dekatnya.

7. Merasa hidupnya lebih berharga
Ketika Seseorang memiliki dukungan sosial yang solid, mereka akan merasa bahwa hidupnya lebih berharga. Sosok keluarga dan teman dekat yang baik dapat menciptakan citra positif dalam diri anak saat memaknai kehidupan.

Itulah manfaat support system. Hal ini karena kehadiran support system dapat membuat hidup lebih bahagia dan termotivasi. Jadi, Sahabat Virtues pun akan terus berusaha melakukan hal yang terbaik selama masih adanya kesempatan. Mengingat waktu merupakan sesuatu yang berharga.