Virtues Blog Post

Ikuti Tes Psikologi untuk Mengenali Diri Sendiri

Apakah kamu sudah familiar dengan tes psikologi? Yup, tes psikologi memang sering sekali dijumpai dalam beberapa kesempatan. Seperti ketika penjurusan di sekolah, saat mengikuti interview kerja, untuk menentukan intelejensi atau mencari tahu masalah kejiwaan seseorang.

Ada banyak sumber yang mengatakan bahwa hasil dari tes psikologi digunakan sebagai parameter dalam mengukur kemampuan diri. Tes psikologi dapat digunakan untuk membantu memetakan potensi dan kemampuan seseorang.

Oleh karena itu, kali ini akan diulas mengenai mengapa tes psikologi penting digunakan untuk mengenali diri sendiri dan kemampuan seseorang?  Berikut penjabarannya.

Tes psikologi dapat mengetahui kecerdasaan diri

Salah satu tes psikologi yang sering dipakai untuk mencari calon karyawan adalah tes intelejensi. Tes ini berguna untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang. Dengan mengetahui hasil intelejensi, maka perusahaan dapat mengetahui rencana selanjutnya dengan skor IQ yang dimiliki calon karyawan tersebut.   

Tes psikologi dapat mengenali tipe kepribadian diri

Salah satu alasan mengikuti tes psikologi adalah untuk mengetahui kepribadian diri. Mengetahui karakteristik dan tipe kepribadian akan membawa keberuntungan tersendiri dan kemudahan dalam bersikap.

Tes psikologi dapat memprediksi perfoma kerja

Ada beberapa alat tes psikologi yang dipakai untuk mengenali performa diri saat kerja. Seperti tes pauli kraepelin yang banyak digunakan untuk mengetahui aspek kepribadian yang berhubungan dengan performa kerja. Tes yang terdiri dari lebih 2000 angka ini menuntut kamu untuk mengerjakan tes dengan cepat, tepat dan dikejar waktu. Umumnya tes ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar ketahanan diri seseorang terhadap stressor di tempat kerja nanti. Jika banyak melakukan kesalahan dalam menjawab soal di tes ini, maka akan diartikan kurang teliti saat bekerja.

Tes psikologi dapat mengetahui bakat terpendam di dalam diri

Tes psikologi perlu dilakukan untuk mengetahui bakat terpendam yang dimiliki. Bakat setiap orang berbeda-beda. Dengan mengetahui bakat yang ada di dalam diri, maka kamu dapat mengembangkan bakat tersebut lebih optimal dan maksimal. Di samping itu, kamu juga dapat memilih pekerjaan yang sesuai dengan bakat kamu.

Tes psikologi dapat mengetahui apa yang kamu minati

Salah satu hasil tes psikologi adalah untuk mengetahui minat yang paling dominan di dalam hidupmu. Ketika mengetahui minat yang paling dominan maka kamu akan dapat menyusun rencana yang matang di masa depan.

Dapat menginterpretasikan kelemahan dan potensi diri

Sebuah tes psikologi dapat membantu mengidentifikasi diri menemukan kelemahan dan potensi di dalam diri. Dengan mengetahui kelemahan di dalam diri, kamu menjadi lebih teliti dan dapat mencari cara untuk menutupi atau mengatasi kelemahan tersebut. Sedangkan jika kamu  mengetahui kelebihan atau potensi di dalam diri, maka akan membuatmu dapat memaksimalkan hal tersebut.

Dari ulasan di atas dapat diketahui bahwa untuk mengenali diri sendiri, maka kamu harus mengikuti tes psikologi. Ada beberapa tes psikologi yang dapat digunakan. Salah satunya virtues profiling. Melalui tes psikologi ini diharapkan dapat mengembangkan potensi yang kamu miliki sebagai upaya untuk pengembangan diri di masa depan. Selain itu, tes psikologi ini dapat membantu kamu memahami orang  lain ketika berkomunikasi dengan mereka.  Terutama saat profesionalitas  dalam tim dituntut lebih banyak porsinya daripada keegoisan diri. Silakan mengunjungi situs Virtues.id untuk mengikuti tes psikologi yang berdasarkan asesmen virtues profiling. Ayo, kenali diri kamu sekarang juga!

Related Articles