Hi Sahabat Virtues! Butterfly hug atau memeluk diri merupakan cara memberikan rasa nyaman untuk diri sendiri. Menurut artikel ilmiah The Butterfly Hug Method for First Responders Self-Care, memeluk diri seperti terapi memproses ulang emosi dan sensasi fisik.

Terapi memeluk diri sendiri atau butterfly hug memiliki beberapa manfaat cukup besar setelah mengalami pengalaman tak menyenangkan.

 

Apa saja manfaat butterfly hug?

Mengurangi rasa tidak nyaman
Saat menyilangkan tangan (butterfly hug), dapat mengurangi rasa tak nyaman. Otak akan mendeteksi sumber rasa tidak nyaman. Butterfly hug menjadi sentuhan yang dapat menenangkan diri sekaligus mengurangi perasaan cemas dan takut.

Merasa aman dan terlindungi
Hubungan manusia penting untuk dukungan sosial. Saat seseorang yang disayangi memeluk diri akan muncul rasa nyaman. Butterfly hug menjadi cara meniru kenyamanan itu. Memeluk diri sendiri juga bisa menghibur.

Suasana hati
Memeluk diri sendiri meningkatkan relaksasi karena mampu menurunkan hormon stres dalam tubuh. Walau maksudnya bukan menyelesaikan masalah sepenuhnya, namun setidaknya bisa meredakan ketegangan dan stres yang dialami.

Menyayangi diri
Menurut ahli psikologi Kristin Neff, membelai, memeluk dan menenangkan tubuh secara fisik meningkatkan perasaan cinta dan kelembutan terhadap diri sendiri.


Apakah kalian memiliki kebutuhan mendalam mengenai diri sendiri dan kecemasan yang berlanjut? Konsultasikan bersama konselor kami di virtues.id