Hello Sahabat Virtues! Apakah kamu sudah mempersiapkan keahlian yang paling dicari pada masa depan? dengan adanya kebutuhan digital saat ini, pastinya skill juga harus dikembangkan supaya kamu tidak ketinggalan jaman, 

Jenis-Jenis Digital Skill yang Dibutuhkan di Masa Depan

Beberapa digital skill yang perlu kamu kuasai untuk bersaing di era industri digital yaitu:

 

Data analytics

Data analytics adalah kemampuan dalam melakukan pemeriksaan dan pengolahan data dari berbagai sumber untuk menghasilkan informasi sebagai dasar pengambilan keputusan. Pemanfaatannya bukan hanya pada sektor industri, tetapi juga banyak digunakan dalam membantu pengembangan suatu bisnis.

Internet of things

Internet of things atau IoT merupakan suatu konsep yang memungkinkan untuk membangun sistem yang mengintegrasikan berbagai device atau peralatan dan dapat dikendalikan dengan mudah. Implementasi IoT juga semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi, khususnya teknologi internet, sebab yang menjadi kunci utama dari terealisasinya internet of things adalah ketersediaan jaringan internet yang stabil.

 

Search engine optimization

Search engine optimization (SEO) merupakan salah satu skill penting dalam digital marketing. Seseorang yang punya keahlian di bidang SEO umumnya disebut SEO specialist. Tugas utamanya adalah memastikan performa situs dari produk digital memiliki peringkat yang baik pada mesin pencari.

Dalam melakukan tugas tersebut, seorang SEO specialist perlu mempersiapkan strategi yang tepat, mulai dari meneliti seperti siapa saja yang menjadi kompetitor, kemudian meneliti berbagai kata kunci yang bisa dioptimasi, menulis konten artikel, dan masih banyak lagi.

 

Web development

Skill web development adalah suatu kemampuan dalam membangun, memelihara, dan mengembangkan suatu website. Orang-orang yang memiliki kemampuan tersebut disebut web developer.

FYI, web developer itu ada beberapa jenis lho! Sebutannya dibedakan sesuai wilayah development yang dilakukan. Jenis-jenisnya yaitu front-end developer, back-end developer, full-stack developer, dan mobile developer.

Banyak perusahaan mempekerjakan web developer untuk melakukan ekspansi bisnis ke ranah digital. Dengan bantuan web developer, perusahaan dapat membuat dan mengembangkan produk digital yang dimiliki.

 

Project management

Project management skills merupakan kemampuan memimpin dan mengorganisir tim dalam mengelola suatu proyek. Posisi spesifik yang wajib memiliki kemampuan ini adalah project manager. Peran utamanya mengorganisir tim agar target tim dapat tercapai sesuai durasi waktu yang disediakan.

Untuk menjadi seorang project manager tidak dituntut harus menguasai skill teknis dengan baik, tetapi setidaknya perlu memahami seperti apa prosedur penyelesaian suatu project dan mampu berpikir solutif untuk memecahkan setiap permasalahan yang dihadapi tim.

 

Pentingnya Mempelajari Digital Skill

Beberapa jenis digital skill di atas sebenarnya sudah mulai berkembang seiring berkembangnya teknologi digital. Namun, jadi makin tersorot ketika hadirnya pandemi Covid-19. Teknologi digital hadir sebagai solusi atas berbagai permasalahan yang ditimbulkan pandemi Covid-19.

Sekalipun telah disadari bahwasanya teknologi digital sebagai solusi yang tepat, tetapi timbul lagi permasalahan lain, yaitu banyaknya pekerja dan calon pekerja yang tidak memiliki digital skill yang menjadi modal utama menjalankan bisnis maupun organisasi saat ini. Karena itulah, mempelajari berbagai digital skill merupakan sebuah kebutuhan.


Mau tau kebutuhan dalam potensi dan pengembangan diri kamu yang lain? Yuk coba, Virtues Profiling, ketahui lebih dalam diri, temukan potensi!