Virtues Blog Post

Kenapa Tes Kepribadian Sangat Disarankan Bagi Pencaker?

Sebagian besar perusahaan kini telah memberlakukan tes kepribadian kepada pelamar yang akan diuji sebagai calon pegawai di tempat mereka. Tes kepribadian sangat penting bagi mereka untuk mengukur sejauh mana si pelamar cocok dengan jenis pekerjaan yang bakal dihadapi calon karyawan. Maka dari itu, penting bagi kita yang sedang akan melamar pekerjaan untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana kepribadian kita. Hasil dari tes ini akan menjadi penuntun dalam menghadapi proses melamar pekerjaan. Dari tes kepribadian ini, kita bisa tahu jenis pekerjaan apa yang cocok. Hal ini meliputi tentang gaya bekerja, gaya berkomunikasi dan gaya belajar.

Sebagai contoh, ketika sudah mengetahui bagaimana kepribadian kita--baik itu dari hasil tes maupun bukan--yang hasilnya mengatakan bahwa Anda adalah seorang realist yang details dan senang kerja di balik meja. Anda akan mengalami kesulitan ketika melamar pekerjaan sebagai sales marketing atau public relations. Karena, dua jenis pekerjaan tersebut menuntut pekerjanya untuk luwes dan percaya diri. Maka dari itu, penting untuk mengetahui bagaimana kepribadian kita sebelum menentukan jenis pekerjaan.

Nah, untuk lebih paham mengenai apa pentingnya tes kepribadian yang berkaitan dengan pekerjaan, berikut ada sejumlah penjelasan yang mungkin bisa membantu Anda:

1. Menentukan penempatan kerja

Jika suatu pekerjaan membutuhkan karakteristik dan tipe kepribadian tertentu, maka tes kepribadian sangat dibutuhkan.

Misalnya, jika Anda akan bergabung dengan perusahaan yang membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi, maka Anda harus benar-benar memiliki kepribadian yang suka hal-hal yang detail, tekun dan tak cepat bosan. Tes kepribadian akan menemukan karakter tersebut dari diri Anda. Jadi, apabila Anda merasa kurang yakin dengan kepribadian secara mendalam, ada baiknya mengikuti tes tersebut. Tempat Anda akan ditempatkan dalam salah satu dari beberapa tim yang dekat, perusahaan mungkin menggunakan tes kepribadian untuk menentukan kelompok orang yang akan bekerja dengan Anda.

2. Memahami pola interaksi sosial

Cara berkomunikasi dan berinteraksi sangat menentukan seseorang mendapat sebuah pekerjaan. Hal ini cukup penting, karena sejumlah pekerjaan sangat memerlukan sebuah pola interaksi yang baik antartim. Dengan melakukan tes kepribadian, Anda akan mengetahui bagaimana pola komunikasi dan interaksi yang cocok bagi Anda. Ini menentukan langkah Anda untuk memilih tipe pekerjaan. Selain itu, dengan tes kepribadian akan menunjukkan beberapa preferensi bawaan dalam diri Anda, dan itu bisa sangat berguna bagi anggota tim lain untuk memahami apa yang membuat Anda tergerak.

3. Refleksi Diri

Dengan mengikuti tes kepribadian, seseorang dapat belajar tentang dirinya sendiri.  Misalnya, jika pekerjaan melibatkan jaris tampil di muka umum dan bergaul dengan banyak orang, tetapi Anda merasa sedikit tidak nyaman melakukan pekerjaan tersebut, secara tidak langsung Anda akan sadar bahwa diri Anda introvert. Dengan menyadari hal itu, Anda akan mencari cara agar bisa lebih nyaman dan belajar mengatasi kelemahan Anda saat menjalankan pekerjaan tersebut.

Selain itu, tes kepribadian juga dapat memberikan wawasan tentang bagaimana Anda bereaksi terhadap orang lain. Sebagai contoh, tipe kepribadian tertentu memiliki kecenderungan untuk bergaul dengan baik, sedangkan tipe kepribadian lainnya sering rentan terhadap pertengkaran dan benturan gaya dan pendapat. Hasil tes ini sangat menentukan bagi perjalanan karir Anda. Ketika sejak awal sudah mengetahui pekerjaan apa yang cocok dengan kepribadian, Anda akan lebih mudah dalam mengerjakan pekerjaan-pekerjaan tersebut. Implikasi lainnya, Anda berpeluang untuk meraih prestasi dalam bidang tersebut.

4. Penjelasan di dalam CV

Hasil dari tes kepribadian akan menjadi senjata ampuh untuk dimasukkan kedalam CV terutama di bagian cover letter.
contohnya : Nama saya adalah AAA dan saya adalah seorang Visionary yang mempunyai banyak ide-ide unik dan senang sekali menciptakan atau membuat sesuatu yang baru. saya berpikir jangka panjaang dalam mengerjakan tugas-tugas saya serta mampu melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.

Nah, kalau memang si perusahaan sedang mencari anggota team yang membutuhkan ide-ide cemerlang maka dengan jelas itu akan menjadi sorotan mata untuk Anda setidaknya dipanggil untuk interview dan menjadi kekuatan yang Anda bisa tonjolkan dan banggakan.

Jadi mungkin ini saatnya Anda untuk mencoba mencari tahu lebih lagi tentang diri Anda dan lebih percaya diri ketika melamar pekerjaan.

Related Articles