Kesehatan ternyata memiliki banyak aspek yang mempengaruhi, salah satunya adalah kepribadian. Peneliti menemukan bahwa kepribadian seseorang mempengaruhi kinerja otak dan kesehatan mentalnya.

"Kepribadian mempengaruhi cara kerja seseorang dalam hal karir dan sekolah, menentukan perilaku dan hubungan sosialnya. Tak hanya itu, kepribadian juga mempengaruhi kesehatan fisik, panjangnya usia, serta risiko terkena penyakit mental," ungkap Colin DeYoung dari University of Minnesota, seperti dilansir oleh Times of India (28/01).

Dalam penelitiannya, DeYoung melakukan scan otak pada partisipan, kemudian menanyai apakah mereka memilih 15 dolar hari ini atau 25 dolar tiga minggu lagi. Peneliti kemudian mengaitkan pilihan mereka dengan aktivitas otak dan beberapa aspek kepribadian mereka.

Mereka menemukan bahwa kepribadian seseorang berkaitan dengan kinerja otaknya. DeYoung menjelaskan bahwa ciri-ciri kepribadian seseorang didasarkan pada proses psikologis yang dihasilkan oleh proses dalam otak.

Untuk itu, tak mengherankan jika perilaku dan kepribadian seseorang kemudian juga mempengaruhi kinerja otak dan pada akhirnya mempengaruhi kesehatan mental mereka.



Reference
Reporter: Kun Sila Ananda
https://m.merdeka.com/sehat/kepribadian-bisa-mempengaruhi-kesehatan-mental.html