Layanan kursus online di era digital seperti sekarang sangat mudah Anda dapatkan. Biasanya, aplikasi maupun platform belajar online tersebut bahkan menyediakan kelas pengembangan diri yang dapat Anda ikuti dengan berbagai materi yang sesuai kebutuhan Anda. 

Pastinya, tujuan Anda mengikuti kursus online supaya memperluas wawasan, menambah pengetahuan, menggali dan menemukan potensi tersembunyi, yang pada akhirnya bisa membantu Anda melakukan pengembangan diri dan pengembangan karir. Pertanyaannya sekarang, apa yang harus dilakukan setelah selesai mengikuti belajar online? Bagaimana cara mengaplikasikan materi belajar online yang sudah Anda kuasai dalam kehidupan nyata?

 

Tips Mengaplikasikan Materi Pengembangan Diri dalam Kehidupan Nyata

Mulai Belajar Hal yang Disukai

Setelah mengikuti kelas online pengembangan diri, Anda akan mengetahui apa sebenarnya yang Anda sukai. Anda juga mulai mengenal bidang apa saja yang sebenarnya merupakan passion, bakat, dan minat Anda. Dari materi yang sudah didapatkan, Anda bisa menggali satu bidang spesifik yang memang paling Anda inginkan, yang membuat Anda senang saat mengerjakannya, dan bahkan saat lelah pun Anda tetap ingin menyelesaikannya dengan baik. 

Maka, agar bisa mengembangkan potensi diri secara optimal, belajarlah dengan tekun dan langsung terapkan ilmu yang didapatkan. Misalnya, Anda baru saja mempelajari cara membuat website untuk bisnis online. Setelah mempelajari satu kali, jangan langsung beranggapan kalau Anda sudah tahu. 

Tetapi, coba ulangi lagi materinya sambil Anda mempraktikkan langkah-langkah membuat website. Dengan langsung praktik, Anda sudah bisa dikatakan mengaplikasikan materi yang Anda pelajari. Dari praktik ini pula Anda bisa tahu, apakah Anda sungguh paham dengan materi yang sudah Anda pelajari, atau malah Anda harus belajar lagi.

 

Kembangkan Rasa Percaya Diri

Jika ingin mulai mengembangkan diri, Anda perlu percaya pada diri Anda sendiri terlebih dahulu, bahwa Anda mampu dan punya potensi yang perlu digali. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri ini, bahkan Anda juga bisa mengikuti berbagai kursus online untuk mempelajari tentang percaya diri,

Kalau rasa percaya diri sudah terbentuk, maka akan mudah bagi Anda untuk mengaplikasikan berbagai materi yang sudah Anda pelajari di kelas online dalam kehidupan nyata atau dalam pekerjaan. Masih bingung dalam mengembangkan rasa percaya diri? daftar webinar secara gratis bersama virtues!

 

Manfaatkan Waktu secara Optimal

Cara mengaplikasikan materi belajar online berikutnya adalah dengan memanfaatkan waktu yang Anda miliki dengan sebaik mungkin dan cari tahu pula kapan waktu terbaik bagi Anda untuk belajar. Setiap orang punya yang namanya waktu produktif, di mana saat waktu produktif inilah Anda bisa lebih fokus belajar dan bekerja, dan bisa lebih mudah menyerap apa pun yang sedang Anda pelajari. 

Ada orang yang waktu produktifnya di pagi hari antara jam 9 pagi sampai jam 11 siang. Ada lagi orang lainnya yang memiliki waktu produktif malah sore hari atau malam hari. Kenali waktu produktif Anda sendiri dan manfaatkan waktu tersebut untuk belajar hal-hal baru dengan lebih cepat dan lebih mudah.

 

Beranikan Diri untuk Mencoba Hal Baru

Materi pengembangan diri yang Anda terima bisa dijadikan sebagai modal untuk mencoba berbagai hal baru. Namun, semuanya akan berguna kalau Anda berhasil memberanikan diri untuk mencoba berbagai hal baru yang berhubungan dengan materi yang sudah Anda pelajari. 

 

Kembangkan Obsesi Pribadi

Memiliki obsesi ternyata juga penting untuk meningkatkan potensi diri. Cobalah kembangkan obsesi pada diri pribadi Anda. Munculkan keinginan untuk menjadi pribadi yang lebih unggul dalam bidang tertentu. Miliki pula motivasi untuk meraih prestasi terbaik dari bidang yang menjadi keahlian Anda. 

Untuk itu, Anda harus belajar dan mempraktikkan apa yang sudah Anda pelajari. Ilmu yang terus diaplikasikan secara nyata dalam tindakan akan membuat pengetahuan Anda semakin berkembang, sehingga otomatis keahlian dan kompetensi Anda pun ikut berkembang. 

Pengembangan potensi diri bisa berjalan secara optimal apabila Anda memang mengikuti kelas dengan baik dan mengaplikasikannya di kehidupan nyata.