YA, betul sekali. Setiap orang harus memiliki kesadaran akan kekuatan dan kelemahan yang ada di dalam dirinya apalagi jika kamu ingin bekerja yang akan berpengaruh terhadap kinerja, berkarir, dan masa depan.

Namun, ternyata di luar sana masih banyak yang bertanya-tanya tentang kekuatan dan kelemahan di dalam dirinya, sehingga ketika sudah bekerja ia merasa dirinya tidak cocok, kinerja yang tidak maksimal, tidak dapat memahami pekerjaannya, dan lainnya.

Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dirimu, langkah pertamanya kamu harus mengidentifikasinya.

Kamu bisa tanya kepada orang terdekatmu yang sungguh kenal bagaimana cara kamu mengerjakan segala sesuatu, kamu bisa tanya rekan kerja yang sering berinteraksi denganmu, atau cara lain yang kamu bisa lakukan adalah dengan mengambil tes kepribadian yang dapat membantu kamu untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dirimu.

Jika kamu merasa ingin mengetahui lebih dalam, kamu bisa melakukan konseling dengan seorang yang profesional. 

KEKUATAN
Orang yang sukses di bidang apapun di dunia merupakan orang yang fokus terhadap kekuatan mereka dan bukan kelemahan mereka.

Nyatanya, mengetahui kekuatan diri sendiri akan memberikan kepuasan secara emosional. Jadi ketika kamu mengetahui kekuatanmu dan membiarkan dirimu bekerja sesuai dengan kekuatanmu akan berdampak positif terhadap dirimu as dan juga pekerjaanmu.

Dampak positif lain yang akan kamu rasakan ketika bekerja sesuai dengan kekuatanmu, yaitu merasa diri lebih bahagia, tidak stress dengan pekerjaan tersebut, merasa lebih puas dengan diri sendiri, lebih merasa berkembang, merasa percaya diri, dan lainnya.

Semakin kamu menggunakan kekuatanmu di tempat kerja, semakin banyak orang yang akan mengenali dan menghargaimu di dalam kekuatan tersebut. Bahkan mungkin mereka meminta kamu untuk mengajarkan mereka mengenai pekerjaan yang kamu kuasai.

KELEMAHAN
Jika kamu membiarkan dirimu fokus terhadap kelemahanmu ketika bekerja, maka akan mempengaruhi kehidupanmu dan etika dalam bekerja, seperti akan banyak pekerjaan yang diabaikan, kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan, sering menunda pekerjaan, merasa kurang percaya diri, kinerja yang kurang baik, dan muncul rasa tidak nyaman, sehingga kamu sulit berkembang untuk mencapai tujuanmu.

Memiliki kelemahan tidak menjadikan diri kita lebih rendah karena setiap orang akan memiliki kelemahan. Yang memungkin bisa kita lakukan adalah pahami dirimu bahwa setiap orang memiliki keterbatasan dan pasti ada beberapa area yang tidak bisa dilakukan dan cobalah membicarakan hal ini kepada anggota tim, sehingga memungkinkan untuk mendelagasikan pekerjaanmu kepada anggota tim lainnya dan biarkan mereka untuk mengerjakan pekerjaan tersebut dengan baik.

Fokus pada kekuatanmu dan mulailah mengembangkan keinginan untuk mengarahkan diri mencapai tujuan yang lebih tinggi dan tidak membiarkan kelemahanmu menjadi penghambat pekerjaanmu.

Terus semangat dan berkarya.

Photo: Google.com