Hi Sahabat Virtues!
Sejak masa sekolah, menjadi mahasiswa, hingga masuk ke dunia kerja, Anda pasti sudah familiar dengan yang namanya bekerja dalam kelompok. Dalam tiap-tiap kelompok kerja sudah pasti ada target atau goals yang harus dicapai. Nah, bicara soal target dan kelompok tentu Anda akan sangat familiar dengan yang namanya Key Performance Indicator atau yang kerap disebut sebagai KPI.

Secara mudah, Key Performance Indicator adalah indikator penting untuk melihat kemajuan dari target atau hasil yang diinginkan. Banerjee & Buoti dalam buku berjudul General Specifications of KPIs terbitan tahun 2012, memaparkan bahwa KPI merupakan ukuran kuantitatif yang dipakai untuk menilai kinerja karyawan maupun kinerja organisasi dalam tujuannya mencapai target.

 

Bagaimana Caranya Menentukan KPI?

Supaya bisa menerapkan Key Performance Indicator dengan tepat tentu bukanlah yang mudah ada delapan langkah membedah KPI supaya bisa membantu Anda dalam mencapai tujuan bersama. Apa saja? Berikut ulasannya:

Analisis Data

Langkah pertama dalam perencanaan mencapai target KPI adalah Anda harus melakukan analisis data terlebih dulu. Contoh kasusnya, ada satu perusahaan media online ingin menggelar pelatihan jurnalistik untuk seluruh penulis, editor, hingga reporter. Di mana pelatihan ini jelas bertujuan untuk meningkatkan skill karyawan di bidang jurnalistik jadi lebih berkualitas.

Maka dalam tahap paling awal dari langkah melakukan breakdown KPI, Anda harus melakukan analisis data karyawan yang bakal ikut pelatihan. Mulai dari nama, usia, hingga jenis kelamin para peserta, termasuk berasal dari divisi apa sampai bagaimana kinerja mereka sebelum pelatihan. Dengan mencari tahu terlebih dahulu data terkait peserta pelatihan, Anda jadi bisa menentukan soft skill atau hard skill yang sangat mereka butuhkan dan harus segera diberikan di dalam pelatihan. 

Bikin Perencanaan

Setelah semua data yang dibutuhkan terkumpul dan telah Anda analisis, maka hal berikutnya supaya tetap sesuai dengan tujuan besar perusahaan adalah membuat perencanaan kegiatan yang bakal dilakukan dalam pelatihan. Tentunya kegiatan itu harus mampu menunjang peningkatan kualitas manajemen sumber daya manusia agar tujuan organisasi tetap terwujud.

Kembali pada contoh pelatihan jurnalistik. Setelah data peserta diperoleh, Anda bisa menentukan keterampilan jurnalistik apa yang mereka butuhkan atau yang harus diperbaiki. Tentukan pemateri pada pelatihan. Berapa lama pelatihan berlangsung, termasuk urusan akomodasi, dan sebagainya.

Tetapkan Jadwal

Data analisis sudah lengkap dan Anda juga sudah tahu materi apa saja yang seharusnya diberikan kepada peserta pelatihan, maka selanjutnya Anda perlu menentukan jadwal atau tenggat waktu yang pasti target atau KPI yang hendak dicapai. Dalam hal ini, Anda juga perlu menetapkan jadwal pelatihan. Jika dua tahapan sebelumnya dilakukan di bulan Maret dan April, maka pelatihan maksimal dilakukan pada akhir Mei. Anda bisa mulai mengirimkan undangan pelatihan kepada para peserta dengan ketentuan terlambat adalah H-30 sebelum acara digelar.

Apakah 8 langkah melakukan breakdown KPI hanya terdiri dari 3 langkah ini? Tentu saja tidak. Masih ada 5 langkah yang harus Anda lakukan. Kelima langkah tersebut bisa Anda pelajari pada artikel berikutnya ya Sahabat Virtues!

Source : QuBisa.com