Sahabat Virtues adalah seorang yang introvert? Yuk disimak buat kamu si tipe introvert!

Bagi seorang introvert, tentu memerlukan ruang untuk diri sendiri guna mengisi ulang energi agar tidak lelah saat bertemu dengan banyak orang. Sahabat bisa menentukan batasan agar bisa membuat ruang antara dirimu dengan orang lain.

Saat meminta ruang untuk dirimu, orang lain mungkin akan merasa tidak nyaman dan canggung. Sahabat bisa mengomunikasikan agar orang di sekitarmu mengerti bahwa kamu membutuhkan ruang untuk sendiri.

Sahabat bisa mengikuti cara membuat ruang sendiri bagi introvert di tengah kehidupan sosial. Dengan tips ini, kamu pun bisa mulai menetapkan batasan diri agar mempunyai kesempatan untuk mengisi energi.


1. Pahami terlebih dulu kalau membuat ruang sendiri bukanlah penghalang di tengah kehidupan bermasyarakatmu
Janganlah memandang bahwa menetapkan ruang sendiri berarti mempunyai halangan untuk bersosialisasi dengan orang lain! Sejatinya, Sahabat bisa memprioritaskan kesendirian agar tak kelelahan secara fisik dan mental, tanpa kehilangan kehidupan sosial. Batasan dirimu bukanlah penghalang, melainkan ruang untuk membuatmu berkembang untuk lebih baik. Sahabat bisa menentukan batasan diri untuk menolak ajakan bertemu demi memulihkan diri terlebih dulu.

2. Menentukan apa yang paling membuatmu lelah
Sahabat harus menentukan kegiatan apa yang paling membuatmu lelah. Sekalipun sudah mempunyai batasan diri, sahabat tetap bisa merasa kelelahan. Setelah tahu apa yang membuatmu lelah, sahabat bisa mengurangi intensitas kegiatan tersebut atau menyimpan energi dahulu sebelum melakukan kegiatan tersebut.

3. Semakin cepat kamu menentukan ruang sendirimu, akan lebih baik
Sahabat bisa mengomunikasikan ini pada teman dan keluarga kalau butuh ruang untuk sendiri. Sahabat bisa lebih segar setelah adanya batas yang sahabat tetapkan untuk dirimu sendiri itu. Setelahnya, sahabat harus menjaga batasan ruang sendirimu itu untuk jadi prioritas sehingga tidak kewalahan mengatur energi di lain waktu. Demi tetap waras, nih!

4. Buatlah batasan yang jelas dan spesifik!
Ada orang yang menghargaimu ketika membutuhkan ruang untuk sendiri. Cara paling mudah untuk membuat orang mengerti tentang batasanmu adalah dengan membuat aturannya secara lebih spesifik dan jelas. Sahabat bisa meminta dua jam tanpa diganggu atau dipanggil untuk menghabiskan waktu sendiri saja. Dijamin otakmu segar setelahnya.

5. Belajar untuk mengatakan "tidak"
Sahabat harus bisa menolak hal yang membuatmu kelelahan. Saat kamu selalu mengatakan "ya" ke orang lain, seterusnya sulit untukmu berani mengatakan tidak. Mengatakan "tidak" adalah cara untuk menegaskan batasanmu sehingga orang memahami bahwa sahabat butuh waktu sendiri. Latihlah ini dari sekarang!

Sahabat yang introvert harus membuat ruang ini sehingga bisa menghadapi waktu yang lebih penting dan lebih banyak lagi bersama orang lain di masa depan.