Hallo Sahabat Virtues! Hubungan yang tidak sehat bisa terjadi pada siapa saja, termasuk Sahabat lho. Untuk terlepas dari jeratan hubungan yang toxic dan ingin mengubah hubungan menjadi lebih baik, Sahabat bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Cobalah untuk menjalin kembali komunikasi yang lebih sehat dan tegas
Komunikasi adalah kunci agar hubungan tetap langgeng, sekaligus untuk memperbaiki hubungan yang tidak sehat. Tetapi, ingat bahwa komunikasi ini tidak digunakan untuk saling menyalahkan. Alih-alih membuat hubungan lebih nyaman, komunikasi yang salah justru bisa menyulut api pertengkaran.

Jikalau Sahabat dan pasangan berkomitmen ingin memperbaiki hubungan, cobalah untuk menjalin komunikasi dalam hubungan yang lebih intens namun tegas.

Tujuannya, untuk saling membuka diri; membicarakan bagaimana perasaan Sahabat dan pasangan dari hati ke hati dalam menjalani hubungan tersebut. Sahabat juga bisa menyampaikan kritik pada pasangan agar menjadi lebih baik sekaligus menerima kritikan dari pasangan.

Lewat cara ini, Sahabat akan tahu masalah yang dihadapi sekaligus memikirkan solusi terbaik untuk menyelesaikannya. Ingat selalu untuk tidak melontarkan kata-kata yang bisa menyakiti perasaan, merendahkan, maupun menyudutkan pasangan. Baik Sahabat atau pasangan harus bisa mengendalikan diri.

2. Minta bantuan
Jika Sahabat dan pasangan hanya menemukan jalan buntu untuk memperbaiki hubungan yang toxic. Jangan ragu untuk meminta bantuan pada sahabat, orangtua, atau psikolog. Jangan biarkan diri Sahabat tenggelam dalam masalah yang ujungnya bisa berdampak pada kesehatan mental dan fisik.

3. Putuskan untuk keluar dari hubungan tersebut
Bila Sahabat merasa pasangan tidak mau memperbaiki hubungan, keluar dari hubungan toxic ini adalah jalan terbaik. Sahabat mungkin butuh waktu untuk menilai apakah hubungan lebih baik diteruskan atau tidak. Pasalnya, jika memaksakan diri untuk menjalin hubungan yang toxic akan membuat Sahabat terus berada di siklus hubungan yang tidak sehat.


Apakah sahabat sudah bisa melakukan 3 hal diatas? Selamat! berarti sahabat siap untuk menjauhi hubungan toxic ini. Selamat Mencoba!
Jangan lupa cek info menarik melalui Instagram Virtues ya, di @virtues.id