Hi, Sahabat Virtues! Disadari atau tidak, ternyata toxic relationship memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Hubungan yang tidak sehat sangat mungkin membuat seseorang tidak bahagia dan terus berhadapan dengan stres yang tidak berujung. Akibatnya, bukan hanya kesehatan mental saja yang memburuk, fisik pun juga menjadi sasaran.

Berikut ini adalah ciri-ciri Anda berada di dalam hubungan yang toxic (toxic relationship):

1. Merasa gagal jadi diri sendiri
Tanda pertama yang bisa dikenali ketika seseorang berada dalam toxic relationship adalah tidak menjadi diri sendiri. Anda sulit menjadi dan menerima diri sendiri akibat terus-terusan dibombardir kritikan pedas oleh pasangan yang merusak kepercayaan dan harga diri.

2. Tidak pernah bisa berkomunikasi dengan baik
Setiap konflik dan perdebatan yang ada dalam hubungan idealnya diselesaikan melalui komunikasi yang baik dengan pasangan.

Sekarang coba ingat-ingat, apakah Anda dan pasangan melakukan hal itu? Jika pasangan justru tak ingin membahasnya hingga melakukan kekerasan emosional, Anda perlu hati-hati karena ini bisa jadi Anda menjalani hubungan yang toxic.

3. Selalu dikendalikan oleh pasangan
Salah satu tanda utama dari toxic relationship yaitu ketika salah satu pasangan sangat mengendalikan atau suka mengatur.

Anda bahkan tak bisa lagi leluasa bergaul dengan teman, keluarga, dan siapa pun orang yang ditemui selain pasangan. Bahkan, pasangan bisa sampai membuat daftar hal apa saja yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan.

4. Sulit untuk berkembang
Sudah menjadi hak setiap orang untuk tumbuh dan belajar setiap hari. Dalam hubungan yang sehat, pasangan biasanya akan mendukung dan mendorong Anda untuk menunjukkan sisi terbaik dalam diri.

Sayangnya dalam hubungan yang toxic, ciri-ciri yang muncul justru sebaliknya. Perkembangan diri Anda dan keinginan untuk belajar justru dipandang sebagai ancaman.


Apakah disini Sahabat Virtues melewati fase yang ada diatas? mungkin Sahabat terjebak pada Toxic Relationship? Ingin tahu bagaimana terlepas dari Hubungan Toxic ? Cek artikel kami selanjutnya ya!