Hi Sahabat Virtues! Setiap orang diciptakan tidak ada yang sempurna karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Setiap kelebihan yang dimiliki tersebut bisa jadi sudah disadari oleh setiap individu atau belum disadari sepenuhnya. Setiap kelebihan yang melekat pada setiap individu inilah yang disebut sebagai potensi diri.

Sederhananya, potensi diri adalah kemampuan, kekuatan, atau kecerdasan yang ada di dalam setiap individu, baik yang sifatnya sudah terwujud atau belum terwujud secara optimal. Potensi diri dapat berkembang melalui bakat yang sudah dibawa sejak lahir, dan dapat terus diasah melalui usaha dan kerja keras.

 

Macam-macam Potensi Diri

Secara umum, terdapat beberapa contoh potensi diri yang bisa kita kenali. Di antaranya adalah:

Kemampuan berbahasa

Seseorang yang memiliki potensi berbahasa, artinya mampu menggunakan bahasa secara efektif, bahkan bisa menguasai beberapa bahasa dari negara atau daerah lain. Individu tersebut cenderung menyukai berbagai kegiatan yang bersinggungan dengan bahasa seperti membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara.

Kemampuan logika/berhitung

Kemampuan ini dimiliki orang seseorang yang tertarik dengan angka. Individu tersebut biasanya mampu berpikir secara logis, memahami hubungan sebab akibat, dan suka mengolah data.

Kemampuan bayang ruang

Potensi ini dapat membantu orang untuk lebih peka terhadap ruang spasial. Artinya, seseorang yang memiliki kemampuan bayang ruang, dapat lebih mudah memahami bentuk, memperkirakan ukuran dan jarak, membaca peta, dan menentukan arah.

Kemampuan olah tubuh

Potensi diri ini berhubungan dengan kegiatan fisik yang mendorong seseorang untuk mengoptimalkan gerakan tubuhnya. Selain atlet, penari profesional juga mempunyai kemampuan yang baik pada olah tubuhnya.

Kemampuan bermusik

Seseorang yang memiliki kemampuan bermusik dapat dengan mudah mengenali nada, ritme, dan melodi. Kemampuan bermusik ini dapat mendorong individu untuk berkreasi dan menciptakan sebuah karya dalam bidang musik.

Kemampuan interpersonal

Interpersonal merupakan potensi untuk menjalin hubungan atau berinteraksi dengan orang lain. Individu dengan kemampuan ini dapat dengan mudah untuk mengeluarkan pendapatnya, bahkan meyakinkan orang lain dengan gagasan yang dimilikinya.

Kemampuan intrapersonal

Intrapersonal merupakan kemampuan untuk bisa merefleksikan atau memahami diri sendiri. Umumnya, seseorang yang memiliki potensi intrapersonal yang baik dapat mengatur emosi, mandiri, dan tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain. 

Kemampuan naturalis

Kemampuan ini menunjukkan kekuatan seseorang yang bisa dengan baik berinteraksi dengan alam. Artinya, seseorang tersebut akan lebih peka dan memahami perubahan yang terjadi pada alam sekitar. Individu ini juga cenderung suka dengan tanaman serta binatang.

Kemampuan spiritual

Potensi diri ini berhubungan dengan kecerdasan terkait dengan keimanan dan akhlak mulia. Individu tersebut banyak menggunakan waktunya untuk merenung dan berusaha meningkatkan hubungannya dengan Tuhan.

Pada dasarnya terdapat banyak potensi diri yang sifatnya positif di dalam diri yang bisa terus dikembangkan, selain yang telah disebutkan di atas. Potensi diri tersebut adalah:

  • Mampu mengelola emosi
  • Kreatif
  • Berani mengambil risiko
  • Mandiri
  • Memiliki kemampuan memimpin
  • Kompetitif
  • Teliti dan terampil
  • Dan lain-lain

 

 

Cara Mengenali dan Mengembangkan Potensi Diri

Jika kamu belum mengetahui potensi diri apa yang ada di dalam diri, kamu bisa mengikuti VIRTUES PROFILING dari Virtues.id Melalui tes ini, kamu akan mengetahui tipe dominan yang ada pada dirimu.

 

Seluruh tes uji potensi diri tersebut dapat kamu akses di website www.virtues.id Selain itu, setelah mengerjakan tes, kamu akan mengetahui strategi apa yang dapat dilakukan untuk bisa mengembangkan potensi diri sesuai dengan kepribadian kamu. Jadi tunggu apalagi?