Virtues Blog Post

Manfaat Berbagi Masalah lewat Layanan Konseling

Setiap orang pasti pernah mempunyai masalah. Namun tidak semua orang dapat leluasa menceritakan masalahnya kepada orang lain. Beragam alasan mengapa beberapa orang memilih memendam masalah mereka antara lain karena takut membebani orang lain. Di samping itu, ada perasaan sanggup untuk menyelesaikan masalah tersebut sendirian.

Pada dasarnya terlalu lama memendam perasaan atau masalah tidak baik bagi kesehatan mental. Karena dapat membuat capek pikiran atau membuat badan sakit. Terlebih jika masalah tersebut lambat laun menimbulkan stress, depresi hingga muncul kecemasan. Oleh sebab itu, seringkali disarankan untuk berbicara dengan teman dekat atau orang yang terpercaya dan ahli di bidangnya. Sebut saja sebuah layanan konseling.

Konseling adalah layanan yang diberikan oleh seorang konselor, yang akan membantu anda menyadari apa yang sedang terjadi di dalam diri. Sayangnya, tidak banyak orang yang mau berkunjung dan berbagi cerita dengan seorang konselor.  Istilah “konseling “ memang selalu dikaitkan dengan pasien sakit jiwa, dan seorang psikolog yang kaku saat menginterogasi. Nah, stigma negatif yang beredar di masyarakat ini harus segera digeser agar dapat merasakan manfaat layanan konseling.

Layanan konseling tidak selalu harus berkaitan dengan gangguan mental.  Layanan konseling juga memberikan layanan secara efektif untuk masalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa masalah yang sering dikonsultasikan kepada konselor yaitu masalah  rumah tangga, percintaan, karir dan sekolah, hubungan personal dan lain-lain.  Berbagi kisah dan masalah dengan orang yang ahli seperti konselor membawa beberapa manfaat. Pada kesempatan kali ini akan diulas tentang manfaat berbagi masalah dengan konseling.

Akan merasa aman dan nyaman

Seorang konselor akan mendengarkan semua masalah anda tanpa menghakimi atau memojokkan. Seorang konselor akan memberikan solusi yang sesuai dengan masalah dan kepribadian anda.  Oleh karena itu, anda dapat dengan bebas mengungkapkan semua perasaan dan masalah kepada seorang konselor. Jangan takut dan kawatir, semua rahasia anda akan disimpan rapi oleh seorang konselor.

Membantu anda menemukan akar masalah

Ketika anda berbagi masalah melalui konseling, maka seorang konselor akan menggali dan menemukan akar masalah yang sesungguhnya. Seorang konselor juga akan membantu anda menemukan sudut pandang baru yang mungkin sama sekali tidak pernanh terpikirkan sebelumnya.

Membuat merasa lebih tenang

Seorang konselor akan membantu anda melihat masalah dengan perspektif yang lebih tepat, sehingga anda dapat menumukan solusi yang tepat. Serta mengevaluasi segala tantangan yang akan dihadapi nantinya. Berbagi masalah dengan seorang konselor  dapat membuat hati lega dan tenang.  Karena secara tidak disadari, kita akan merasa ada seseorang yang peduli dengan masalah kita.

Menemukan solusi untuk self healing

Seorang konselor akan membantu memahami diri Anda. Selain itu, juga akan membantu anda untuk  memahami orang lain. Hal ini merupakan salah satu langkah untuk  pemulihan pribadi (self healing) dari setiap masalah.  Proses self healing ini dapat membantu anda lebih mencintai diri sendiri dan mau berdamai dengan diri sendiri. Sebab konselor akan membantu anda melihat kelebihan dan kekurangan anda secara detail. Sehingga  anda dapat meningkatkan hubungan yang lebih efektif dengan orang lain. Selain itu juga anda akan dapat mengalami pertumbuhan karakter dan memaksimalkan potensi diri.

Itulah beberapa manfaat yang akan diperoleh jika berkonsultasi dengan layanan konseling. Semoga informasi di atas dapat membantu anda mengubah stigma tentang konsep “konseling”. Jangan gundah, mulai bagikan kisah dan masalah anda untuk  jalani hidup yang lebih indah!

Photo: google.com

Related Articles