Zaman terus mengalami perubahan dan yang sanggup bertahan adalah individu-individu unggul. Yang mana mampu mengatasi setiap masalah dengan baik. Mereka paham akan tujuan hidupnya, dan terus mengembangkan diri dengan cara mengasah keterampilan digital milenial, serta keterampilan sukses milenial sebagai kunci kesuksesan.

Pengembangan diri, atau personal development, adalah cara untuk menginvestasikan diri agar memiliki kemampuan untuk mengontrol dan mengendalikan diri dengan baik dan efektif. Namun perlu dipahami, pengembangan diri ini merupakan bagian dari kegiatan konseling.

Tujuan Pengembangan Diri

Apa tujuan pengembangan diri? Memberikan kesempatan dalam mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai kebutuhan, bakat, minat, potensi, serta karakteristik masing-masing.

Anda bisa mempelajarinya secara khusus dengan mengikuti kursus pengembangan diri. Saat ini banyak tempat belajar atau platform belajar online Indonesia yang menawarkan paket kursus online tersebut. 

Anda bisa menentukan sendiri jenis kursus yang paling tepat, atau sesuai keinginan Anda. Misalnya kursus Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal. Kemudian kursus leadership, strategi digital marketing, produktivitas pribadi, dan masih banyak lagi. 

Dengan mengikuti paket kursus pengembangan diri, diharapkan bisa memberikan efek yang memungkinkan Anda memiliki lebih banyak soft skill dan hard skill yang dibutuhkan dalam pekerjaan maupun kehidupan. Tidak hanya itu, pengembangan diri juga merupakan komponen penting untuk mencapai kesuksesan dalam karir dan hidup.

 

Manfaat Pengembangan Diri

Di bawah ini merupakan manfaat pengembangan diri lebih lanjut yang perlu Anda ketahui.

 

Memiliki Kesadaran Diri

Kesadaran diri merupakan faktor utama yang perlu Anda miliki agar bisa mengembangkan diri. Kesadaran diri akan membawa Anda pada proses pengembangan diri yang baik, di mana Anda menjadi lebih tahu apa saja nilai-nilai, keyakinan, serta tujuan hidup Anda. 

 

Hidup Lebih Terarah

Pengembangan diri yang lebih terarah pada tujuan yang ingin dicapai dapat membuat Anda lebih fokus pada kualitas, bukan kuantitas. Dengan begini, Anda pun akan lebih bergairah untuk lebih banyak bekerja agar bisa menghasilkan pencapaian yang diinginkan. 

 

Meningkatkan Motivasi

Motivasi sangat diperlukan agar Anda semakin bersemangat menghadapi berbagai tantangan dan menemukan solusinya. Mengikuti kursus pengembangan diri atau personal development ini akan membantu Anda lebih mudah melalui semua tahapan tersebut.

 

Fokus dan Efektif

Tidak saja membuat Anda lebih terarah, pengembangan diri juga akan membantu Anda bekerja secara produktif serta efektif. Jadi, ketika dihadapkan pada banyak pekerjaan sekalipun, Anda tetap bisa menyelesaikannya dengan baik.

 

Pertahanan yang Kuat

Sekolah kepribadian yang mengajarkan pengembangan diri akan membantu Anda menciptakan kesadaran diri untuk bertahan, dan mampu menghadapi setiap masalah yang datang. Dengan segala kemampuan tersebut diharapkan rintangan apa pun bisa dihadapi.

 

Menciptakan Hubungan yang Lebih Baik

Manfaat pengembangan diri berikutnya mampu membantu Anda agar bisa menciptakan hubungan yang lebih baik, dan lebih erat dengan orang lain. Personal development yang merupakan soft skill training ini, akan membuat Anda menjadi pribadi yang mau mengoreksi Rantai Pikiran, Perasaan, dan Perilaku agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Kemampuan tersebut jelas sangat dibutuhkan, terutama ketika Anda dihadapkan dengan orang yang mudah melayangkan kritik untuk Anda. Mengapresiasi kritikan yang masuk dengan baik, orang tersebut merasa dihargai, sehingga hubungan sosial pun akan terjalin baik.

Melihat pentingnya pengembangan diri ini, Anda bisa mencari sekolah, atau lembaga kursus yang menyelenggarakan pelatihannya. Di tengah pandemi ini, Anda juga bisa memilih paket kursus pengembangan diri yang ditawarkan secara online, sehingga tidak membatasi proses belajar. 

Pastikan Anda hanya memilih lembaga kursus yang terpercaya dan berpengalaman, agar bisa mendapatkan hasil terbaik. Misalnya saja mencoba Virtues Profiling yang dimiliki oleh virtues.id 

Contohnya saja Virtues Profiling harganya terjangkau, hanya Rp. 150.000,- saja. Kemudian bisa memilih konseling untuk mengarahkan kamu pada menentukan pengembangan diri selanjutnya.