Hi Sahabat Virtues! Tahu gak sih jika permasalahan terbesar dalam dunia kerja, selain membangun bisnis atau organisasi, bekerja profesional, pengelolaan keuangan, dan strategi bisnis, Anda juga dihadapkan pada kebutuhan akan adanya team building yang baik. Mengumpulkan banyak individu dan menempatkan mereka menjadi satu tidak serta-merta langsung memberikan dampak positif terhadap kinerja perusahaan. Apalagi jika di dalam tim banyak yang ingin terlihat menonjol atau timbul persaingan tidak sehat. 

Ada banyak faktor yang dapat mengganggu kesolidan suatu tim, baik faktor internal atau eksternal. Untuk mengantisipasi kegagalan dalam tim, terdapat cara khusus yang bisa Anda lakukan sebagai pemimpin yang baik. Dengan demikian, semua tugas atau pekerjaan dapat berjalan sesuai rencana. Selanjutnya, tujuan organisasi atau perusahaan pun bisa tercapai dan sukses. Berikut cara efektif membangun tim kerja yang solid.

 

Cara Membangun Tim yang Solid

Tim yang solid adalah kumpulan individu yang dapat bekerja sama untuk meraih tujuan dengan cara menggunakan keterampilan serta ide mereka, kemudian mampu mengkolaborasikan semuanya. Sekarang yang jadi pertanyaan, bagaimana cara Anda, baik sebagai leader maupun anggota dalam tim, berperan aktif untuk membangun tim kerja yang solid? Perhatikan poin-poin di bawah ini.

 

Berpikiran Terbuka untuk Menghindari Sifat Egois

Salah satu kelemahan dari team building adalah terlalu banyaknya individu yang tanpa sadar menggunakan pemikiran atau pendapat sendiri dalam memutuskan sesuatu. Kemudian mengatakan bahwa keputusan yang Anda buat ditujukkan untuk kesuksesan tim. Di sinilah Anda harus bisa membedakan, apakah pemikiran Anda benar berdasarkan kebutuhan tim, atau merupakan pikiran individualis yang mana didorong faktor menyukai atau tidaknya Anda kepada individu lain. 

Untuk menghindari hal tersebut, berpikiran terbuka menjadi kunci dalam menghilangkan pikiran yang merugikan Anda, serta dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi secara bersama-sama sebagai rekan satu tim, demi membuat tim yang unggul.

 

Bangun Komunikasi Efektif

Membangun tim yang solid bisa Anda mulai dengan menggunakan komunikasi yang baik antar anggota tim, sehingga bisa mendapatkan team building yang baik pula. Komunikasi efektif dan komunikasi produktif menjadi kunci utama dalam menjalankan suatu tim. Karena bila komunikasi antar anggota tim tidak berjalan dengan baik. Tentu saja akan berakibat fatal, terjadi salah persepsi, salah paham, hingga salah memberikan atau menerima arahan

 

Cara berkomunikasi yang baik dapat dipelajari dengan selalu berlatih dan bersabar. Karena komunikasi bukan pelajaran atau aktivitas yang dapat Anda kuasai dalam waktu singkat. Anda memerlukan proses dan waktu untuk mempraktikkannya agar mendapatkan hasil terbaik. 

Jadi, cobalah untuk terus belajar terkait komunikasi ini dengan berbagai cara. Mulai dari membaca buku yang mengubah hidup Anda, belajar dari media sosial seperti YouTube, TikTok, Instagram, Twitter, dan Facebook, bahkan bisa pula belajar mudah menggunakan microlearning. Bisa juga mengikuti kursus online gratis maupun berbayar di platform belajar online .

Ada banyak kursus online dan webinar pengembangan diri yang bisa Anda ikuti di platform belajar jarak jauh.

 

Melibatkan Tim dalam Setiap Keputusan

Agar dapat melakukan pembentukan tim kerja yang baik dan solidAnda harus melibatkan tim dalam melakukan tindakan atau pengambilan keputusan. Dengan begini, anggota tim akan melihat bahwa Anda memimpin tanpa sekat, tidak berpihak pada individu tertentu, dan setiap anggota bisa menjadi pemberi keputusan yang sangat penting. Jadi, pada akhirnya semua anggota tetap memiliki tujuan yang sama. 

Selain itu, memberikan diskusi yang baik antara pro dan kontra pada suatu permasalahan dapat menjadi cara lain dalam menghidupkan pemikiran atau ide baru dalam tim. Kemudian mengoptimalkan kemampuan berpikir.

 

Berikan Kesempatan Anggota untuk Maju

Untuk menjadikan tim Anda sebagai tim kerja terbaik, Anda harus memiliki kompetensi pemimpin yang baik. Menjadi ketua tim yang baik dimulai dari mengajak anggotanya untuk sama-sama berpikir, mendiskusikan suatu topik atau masalah bersama. Karena tim kerja adalah tim yang dapat dan mau maju bersama. 

Terdapat dua cara untuk menjadi ketua tim, yaitu tegas dan diktator atau menjadi ketua yang dapat bertukar pikiran di saat terdapat permasalahan atau membangun suatu program baru. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan tim yang solid dan berkembang, sehingga memberikan dampak positif kepada perusahaan untuk meraih kesuksesan.

 

Nah, itulah tips atau cara agar team building Anda tetap solid dan memiliki tujuan yang sama dalam menjalankan visi dan misi organisasi perusahaan. Tim yang baik akan menjadi batu loncatan bagi Anda untuk menjadi sukses, bukan malah menjadi batu sandungan Anda ataupun perusahaan dalam meraih keberhasilan.

Kenali dan ketahui lebih lanjut untuk membantu perusahaan anda dalam membangun team building terbaik bersama virtues.id